Sepasang Suami Isteri Dokter di Brebes Dilaporkan Terkonfirmasi Covid-19

Sepasang Suami Isteri Dokter di Brebes Dilaporkan Terkonfirmasi Covid-19

Dua orang dokter di Kabupaten Brebes dilaporkan terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19), Kamis (20/8). Keduanya merupakan suami istri yang bekerja di salah satu puskesmas di Kecamatan Brebes dan buka praktik.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Brebes dr Sartono melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Budi Santoso membenarkan informasi tersebut. Keduanya saat ini telah melakukan isolasi secara mandiri.

"Iya (informasi dua dokter positif Covid-19) benar, Mas. Keduanya sudah isolasi secara mandiri," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan upaya pencegahan tracking dengan orang yang pernah kontak erat dengan keduanya. Baik itu tenaga medis di puskesmas maupun keluarga dari kedua dokter tersebut.

"Untuk tenaga medis yang ada di puskesmas besok akan kita lakukan swab. Dan bagi warga yang kontak erat dan memiliki keluhan tapi belum rapid tes, besok akan ditracking oleh petugas puskesmas," ujarnya.

Ditambahkan, kemungkinan besar kedua dokter tersebut tertular dari pasien yang periksa di tempat praktik. Pasalnya, di puskesmas sendiri sudah melaksanakan protokol kesehatan yang baik.

"Kemungkinan besar iya (tertular dari tempat praktik). Saat dilakukan tes, keduanya mengeluh flu, batuk dan demam. Setelah diperiksa (swab) ternyata hasilnya positif," ucapnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan yang ada. 

"Panik jangan, waspada boleh. Mari kita bersama-sama tingkatkan penyuluhan agar protokol kesehatan dijalankan," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: