Laga Piala Dunia 2022 di Qatar Dimulai Pukul 17.00 WIB, Sehari Empat Pertandingan

Laga Piala Dunia 2022 di Qatar Dimulai Pukul 17.00 WIB, Sehari Empat Pertandingan

FIFA akhirnya merilis jadwal resmi Piala Dunia 2022 Qatar. Lewat laman resminya, perhelatan akbar ini akan berlangsung mulai 21 November hingga 18 Desember 2022.

Namun yang menarik perhatian adalah, format empat laga di babak penyisihan membuat babak terpadat ini rampung selama 12 hari. Sebagai negara terkecil di Teluk Arab setelah Bahrain, Qatar ternyata memiliki keunggulan.

Dengan jarak tempuh yang relatif pendek antar-stadion di dan sekitar Doha, sangat mungkin bagi fans yang datang ke negeri kaya minyak itu menyaksikan beberapa pertandingan setiap hari. Ini yang membuat empat laga dalam sehari bisa dihelat sekaligus. 

Babak pembuka kan dimulai pada 21 November, dengan Qatar memulai kompetisi di Stadion Al Bayt berkapasitas 60.000 pada pukul 13:00 waktu setempat atau pukul 17.00 WIB. Dalam laga tersebut, Timnas Qatar didapuk mengisi laga pembuka melawan timnas hasil drawing.

Jika ditelusuri, hari penyisihan menjadi momen terpadat. Laga pertama dimulai pukul 13.00 waktu lokal dan diakhiri dengan pertandingan keempat dimulai pada pukul 22.00 waktu setempat atau pukul 02.00 dini hari WIB.

Pertandingan pembuka turnamen direncanakan berada di Stadion Al Bayt berkapasitas 60 ribu dengan penutup bergaya tenda padang pasir. Stadion Lusail yang berkapasitas 80 ribu orang didapuk sebagai venue laga final. Dua venue ini juga didapuk menjadi tuan rumah semifinal.

CEO Penyelenggara Piala Dunia Qatar Nasser Al Khater, mengatakan finalisasi turnamen hingga infrastruktur telah berjalan sesuai jadwal dengan 90 persen pekerjaan selesai.

"Ketika kita berbicara tentang stadion, lebih dari 85 persen pekerjaan telah selesai dan siap digunakan. Dalam dua tahun terakhir, kita fokus pada kesiapan penyelenggaraan,” ujarnya.

"Piala Dunia selalu menjadi panggung pencinta sepak bola. Rakyat Qatar siap menyambut anda. Kita berharap pandemi korona bisa selesai sebelum gelaran akbar ini dimulai," kata kepala turnamen dan petugas FIFA Colin Smith. "Di Qatar, dengan sifat yang kompak, ini akan semakin diperkuat dengan kehadiran 32 tim bersama pendukungnya,” tambahnya.

Sementara, FIFA masih menunggu hingga undian turnamen diadakan pada bulan Maret atau April 2022. Setelah drawing, FIFA akan memilih waktu dan venuenya sendiri. Itu akan memungkinkannya menyelaraskan game dengan zona waktu untuk televisi negara peserta Piala Dunia.

Turnamen ini beralih dari slot Juni-Juli yang biasa karena panasnya di negara Teluk dan merupakan yang pertama yang akan diadakan di tengah musim Eropa.

Undian turnamen Piala Dunia 2022 di Qatar diatur untuk didorong kembali dalam dua bulan ke depan setelah FIFA menjadwal ulang babak playoff kualifikasi karena pandemi virus korona. (fin/zul/tgr)

Sumber: