Abrasi Parah, 10.000 Bibit Mangrove Ditanam di Pantai Utara Pemalang

Abrasi Parah, 10.000 Bibit Mangrove Ditanam di Pantai Utara Pemalang

Polda Jateng bersama Pemerintah Kabupaten Pemalang menanam sepuluh ribu bibit mangrove di kawasan pantai utara Desa Kaliprau Kecamatan Ulujami, Pemalang, Jumat (3/7). Penanaman ini dilakukan untuk mencegah laju abrasi di Pantai Utara Pemalang ini. 

Sebagaimana dikatakan Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol Risnanto. Menurutnya, mangrove dapat menjadi sabuk hijau penahan ombak, mencegah terjadinya rob dan pengikisan daratan yang hampir terjadi setiap tahun di wilayah tersebut.

"Penanaman 10.000 bibit mangrove dilaksanakan tidak hanya di satu titik. Namun mulai dari Pantai Rembang sampai Brebes, juga di pantai selatan hingga Purworejo,” katanya.

Bupati Pemalang Junaedi menyambut baik penanaman bibit mangrove ini. Apalagi kondisi abrasi di sepanjang Pantai Utara Pemalang ini menurutnya cukup parah. 

Pemerintah menurutnya juga sudah menggalakkan penanaman pohon di pantai, sesuai kebijakan pusat.

 "Sesuai kebijakan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah juga telah berupaya untuk melaksanakan penanaman mangrove setiap tahunnya,” ujarnya.

Penanaman bibit mangrove hari itu, juga diikuti komponen masyarakat, termasuk pegiat komunitas lingkungan. Bibit yang sudah ditanam ini diharapkan bisa dijaga kelestariannya. (sul/ima)

Sumber: