Kurangi Galau Perawat, Robot Pengantar Obat dan Makanan akan Tersedia di RSUD dr Soeselo Slawi

Kurangi Galau Perawat, Robot Pengantar Obat dan Makanan akan Tersedia di RSUD dr Soeselo Slawi

Bupati Tegal Umi Azizah menyambut positif pembuatan robot untuk membantu tenaga medis di tengah pandemi Covid-19 oleh pemuda Dukuh Asem Desa Gantungan Kecamatan Jatinegara. 

RSUD dr Soeselo Slawi melakukan uji coba robot pengantar obat dan makanan di Ruang Jatayu, Jumat (26/6) pukul 13.00 WIB. Umi Azizah mengaku mendapat informasi dari pemilik ide yang akan membuat robot pengantar obat dan makanan untuk pasien Covid-19 di tengah pandemi. Gagasan tersebut langsung disambut positif dan dia meminta supaya segera dibuat. 

Setelah kurang lebih satu bulan, robot pengantar obat dan makanan mulai diujicobakan. 

"Saya secara pribadi maupun lembaga memberikan apresiasi. Di tengah pandemi Covid-19, ada anak desa yang membuat inovasi baru yang sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Robot buatan anak Desa Gantungan ini, tambah Umi Azizah, langsung diujicobakan di Ruang Jatayu RSUD dr Soeselo Slawi. Dengan adanya robot ini, diharapkan akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pegawai pengantar obat dan makanan. 

Setelah dilakukan uji coba ini, akan dilakukan evaluasi apakah bentuk robot dan bahasa yang digunakan sesuai kebutuhan dengan pihak rumah sakit atau tidak. 

"Dengan adanya robot ini, diharapkan bisa mengurangi kegalauan tenaga medis yang sedang berjuang menangani pasien Covid-19," tambahnya.

Sebelum memesan robot pengantar obat dan makanan, lanjut Umi Azizah, pihak rumah sakit akan mendata terlebih dahulu kebutuhannya. Ha ini tentu butuh proses, tetapi pada dasarnya Pemkab Tegal merasa senang ada anak desa yang mampu membuat robot. 

Rencananya Pemkab Tegal juga akan memberi support, karena bagaimanapun juga ini salah satu kebutuhan rumah sakit. (guh/ima)

Sumber: