Warga Brebes Empat Kali Diswab, Pertama dan Kedua Positif lalu Negatif, Keempat Positif Lagi

Warga Brebes Empat Kali Diswab, Pertama dan Kedua Positif lalu Negatif, Keempat Positif Lagi

Hingga, Jumat (26/6), pasien terkonfirmasi positif virus corona (covid-19) di Kabupaten Brebes tercatat sejumlah 38 orang. Rinciannya 28 orang sembuh, lima dikarantina, dan lima orang lainnya masih dirawat.

Salah seprang pasien yang dikarantina adalah warga Kecamatan Ketanggungan. Pasien tersebut memilih melakukan isolasi mandiri di kediamannya, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes dr. Sartono melalui Kepala Puskesmas (Kapus) Cikeusal Kidul Sunarto mengatakan pasien yang isolasi mandiri merupakan orang tanpa gejala (OTG). Sejak 18 Juni lalu, dia  melakukan isolasi mandiri di kediamannya.

"Selama masa karantina mandiri, pasien sudah mengikuti empat kali uji swab," ujarnya, Jumat (26/6).

Dari empat kali uji swab, urai Sunarto, uji swab pertama dan kedua hasilnya positif. Di uji swab ketiga hasilnya negatif, namun uji swab keempat hasilnya kembali positif.

"Jadi, hingga saat ini yang bersangkutan tetap dilakukan isolasi mandiri. Sebab, syarat untuk dinyatakan sembuh itu uji swab pasien menunjukkan hasil negatif dua kali berturut-turut," terangnya.

Karenanya, saat ini Puskesmas Cikeusal Kidul akan berkordinasi dengan instansi terkait mengenai karantina mandiri pasien. Apakah akan dipindahkan ke Islamic Center atau tetap di rumahnya sendiri.

"Hari ini saya akan konsuktasi dengan instansi terkait tentang kelanjutan isolasi mandiri. Apakah dilanjut atau dipindahkan," ungkapnya.

Dikungkapkannya, selama melakukan isolasi mandiri, warga dan pemerintah desa setempat selalu mendukung pasien untuk tetap menjaga kesehatan. "Yang terpenting dalam isolasi mandiri ini, kita harus tetap menjaga kesehatan dan jaga jarak. Selain itu juga mengenakan masker saat bepergian," pungkasnya.(ded/zul)

Sumber: