Minggu Lusa Ada Gerhana Matahari Cincin, Paling Aman Disarankan Lihat di Streaming

Minggu Lusa Ada Gerhana Matahari Cincin, Paling Aman Disarankan Lihat di Streaming

Untuk melihat gerhana matahari, Rhorom menuturkan untuk menggunakan filter khusus yang dapat menapis 99,999 persen cahaya matahari yang membahayakan mata. Kacamata las juga dapat dipakai untuk mengamati gerhana matahari.

"Yang paling aman adalah melihatnya dari layar HP (handphone) atau komputer dengan cara mencari pengamat yang melakukan video streaming, melalui YouTube misalnya," tutur Rhorom.

Agar aman saat mengamati gerhana matahari, maka dapat menggunakan peralatan seperti kamera pinhole atau kamera lubang jarum, kacamata matahari, binokular atau teleskop dan kamera DSLR.

Berdasarkan keterangan BMKG, GMC akan melintasi dan dapat diamati di Indonesia pada 21 Mei 2031. Jalur cincinnya akan melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Dan selanjutnya pada 14 Oktober 2042 yang jalur cincinnya melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris. Saat itu piringan matahari tertutup piringan bulan dan tersisa bagian tepi yang tak tertutup. Akibatnya, Matahari akan tampak seperti cincin saat puncak gerhana, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Ada dua macam bayangan bulan yang terbentuk saat Gerhana Matahari Cincin, yakni antumbra dan penumbra. Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati akan berupa Gerhana Matahari Cincin. Sedangkan di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang teramatinya berupa Gerhana Matahari Sebagian. (gw/zul/fin)

Sumber: