Gerhana Matahari Cincin Sangat Langka, Sayangnya Tak Bisa Disaksikan di Kota Tegal

Gerhana Matahari Cincin Sangat Langka, Sayangnya Tak Bisa Disaksikan di Kota Tegal

Sejumlah daerah di wilayah Jawa Tengah diperkirakan akan dilalui Fenomena alam Gerhana Matahari Sebagian (GMS), Minggu (21/6) mendatang. Lalu, bagaimana dengan Kota Tegal dan sekitarnya?

Prakirawan BMKG Tegal, Sri Nurlatifah di Indonesia, masyarakat bisa mengamati terjadinya GMS itu termasuk di wilayah Jawa Tengah. Namun, tidak semua daerah bisa melihat fenomena alam langka itu.

"Untuk Jawa Tengah, hanya bisa disaksikan di 13 wilayah," katanya.

Menurutnya, ketigabelas daerah itu yakni Semarang, Pekalongan, Batang, Kendal, Ungaran, Demak, Jepara, Kudus, Purwodadi, Sragen, Pati, Rembang, dan Blora. Sedangkan untuk wilayah Kota Tegal dan sekitarnya tidak bisa melakukan pengamatan.

"Kota Tegal belum bisa mengamati. Kemudian untuk GMS sendiri durasi waktunya berbeda di masing-masing daerah," jelasnya.

Meski begitu, kata Nurlatifah, Kota Tegal masih bisa mengalami pengaruhnya. Diantaranya, air pasang dan tingginya gelombang air laut. Dari prakiraan BMKG Tegal tiga hari ke depan gelombang air laut masih berkisar 1,5 hingga 2,5 meter.

"Karenanya, kami mengimbau masyarakat di wilayah pesisir Kota Tegal untuk tetap waspada. Kita masih dalam masa pancaroba atau peralihan musim, ditambah nanti 21 Juni ada GMS. Jadi untuk masyarakat tetap tenang," pungkasnya. (muj/zul)

Sumber: