Bursa Transfer Dibuka Sebelum Akhir Musim

Bursa Transfer Dibuka Sebelum Akhir Musim

Badan Sepak Bola Dunia, FIFA mengizinkan semua bursa transfer dibuka sebelum akhir musim liga domestik musim 2019/2020. Hal itu dilakukan, karena kompetisi di musim ini terganggu oleh pandemi virus corona (covid-19).

Imbas dari pandemi corona, banyak transfer pemain kini terancam bermasalah. Salah satu masalah yang paling umum dihadapi adalah pemain yang kontraknya habis Juni nanti terancam tak memiliki klub.

FIFA menjelaskan, bahwa diterbitkannya aturan baru untuk meminimalisir kisruh mengenai kontrak dan transfer pemain. FIFA juga mengizinkan pemain berseragam tiga klub berbeda dalam satu musim. Sebelumnya, pemain hanya diperbolehkan membela maksimal dua tim dalam satu musim.

"Untuk menghindari kecemasan terkait pemain-pemain yang menganggur, para pemain diizinkan untuk terdaftar pada maksimal tiga klub dan diizinkan untuk memainkan pertandingan-pertandingan resmi untuk tiga klub pada musim yang sama," demikian pernyataan FIFA di laman resminya, Sabtu (13/6/2020).

"Untuk memberikan prioritas kepada klub agar menyelesaikan musim (2019/20) dengan skuad saat ini. Kami memberikan fleksibilitas kepada asosiasi untuk merencanakan kalender sepakbola mereka sebaik mungkin," sambung pernyataan FIFA.

Selain itu, FIFA juga mengizinkan asosiasi-asosiasi untuk merencanakan kalender sepak bola mereka dengan baik. Pasalnya, jadwal kompetisi yang telah disusun harus berubah karena adanya larangan menggelar laga.

"Asosiasi-asosiasi itu mengikuti kalender dua tahunan yang kami izinkan untuk memulaiperiode registrasi pertama untuk musim 2020/2021 sebelum berakhirnya musim 2019/2020, dengan beberapa syarat," tulis pernyataan FIFA.

Beberapa kompetisi di Eropa sebelumnya juga telah mengeluarkan himbauan dan aturan terkait transfer pemain menyesuaikan dampak dari pandemi.

Chief Eksekutif Liga Inggris, Richard Masters mengatakan bahwa klub kasta tertinggi Liga Inggris tak bola mendatangkan pemain baru sebelum 25 Juli.

Sementara di Liga Italia, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) memundurkan bursa transfer musim panas mendatang. Jendela transfer baru akan dibuka 1 September dan berakhir 5 Oktober.

Penyebaran virus corona dan interupsi kepada aktivitas-aktivitas sepak bola telah menghantam klub-klub di seluruh dunia, sekaligus menciptakan ketidakpastian masa depan.

Ribuan pemain kontraknya akan habis pada Juni, yang membuat mereka akan berstatus free agent, meski aktivitas sepak bola telah dimulai lagi pada Mei dengan dilanjutkannya Bundesliga Jerman.

Hal lain yang sebelumnya kurang jelas terkait bursa transfer adalah klub-klub tidak tahu apakah pemain-pemain baru mereka akan diizinkan bermain pada sisa musim 2019/2020. (der/zul/fin)

Sumber: