Ogah Maafkan Sir Alex Ferguson

Ogah Maafkan Sir Alex Ferguson

Kepergian Roy Keane dari Manchester United selalu didokumentasikan dengan baik. Dianggap sebagai kapten terhebat Setan Merah, pelatih asal Irlandia ini membantu klub memenangkan tujuh gelar Liga Premier, empat Piala FA, dan Liga Champions selama 12 tahun di Old Trafford. Lalu, kepergiannya pada tahun 2005 menimbulkan banyak tanya.

Memang gelandang ulet itu tidak berpengaruh di lapangan di musim terakhir atau kedua. Namun, mengingat karakter dan pengaruhnya di ruang ganti, pintu keluar Keane memunculkan gelombang kejutan di seluruh dunia sepak bola.

Saat itu, dilaporkan bahwa kepergiannya terjadi karena ia mengkritik kinerja beberapa pemain muda dalam skuad selama penampilan di MUTV pada 2005.

Berbicara tentang Rio Ferdinand, Keane berkata: “Hanya karena Anda dibayar 120.000 pound sterling per minggu dan bermain baik selama 20 menit melawan Tottenham, Anda pikir Anda seorang superstar”.

“Para pemain muda dikecewakan oleh beberapa pemain yang lebih berpengalaman. Mereka tidak memimpin. Ada kekurangan karakter di tim ini. Tampaknya di klub ini Anda harus bermain buruk untuk mendapatkan imbalan. Mungkin itu yang harus saya lakukan ketika saya kembali. Bermainlah dengan buruk,” ujarnya dikutip Radar Tasik dari talkSORT.

Ferguson kemudian mengungkapkan betapa eksplosifnya Keane ketika mengkritik rekan satu timnya dalam otobiografinya.

“Itu tidak bisa dipercaya. Dia membantai semua orang. Darren Fletcher mengerti, Alan Smith. Van der Sar. Roy mengalahkan mereka semua,” tulisnya. “Saya mengatakan kepadanya ‘Apa yang Anda lakukan dalam wawancara itu adalah memalukan, sebuah lelucon. Mengkritik rekan satu tim Anda dan ingin itu keluar’…” lanjut Ferguson.

“Yang saya perhatikan tentang dia hari itu ketika saya berdebat dengannya adalah matanya mulai menyipit, hampir seperti manik-manik hitam. Sangat menakutkan untuk menonton. Dan saya dari Glasgow,” ujar Ferguson.

Tetapi Keane membalas Ferguson dalam otobiografinya sendiri, mengatakan bahwa ia melebih-lebihkan banyak aspek dari pertengkaran mereka itu meskipun ia mengakui bahwa ia telah meminta bosnya untuk “berbuat lebih banyak” untuk tim. “Kamu juga lebih baik. Kami perlu mencari lebih banyak dari Anda. Kita perlu sedikit lagi, bapak. Kami tergelincir di belakang tim lain,” kata Keane.

Namun demikian, mantan bintang Nottingham Forest itu dengan tegas bersikeras “satu-satunya alasan” dia meninggalkan United adalah karena dia mengajukan banding atas denda yang dikenakan akibat komentarnya pada MUTV.

“Satu-satunya alasan saya akhirnya meninggalkan Man United adalah saya mengajukan banding denda 5.000 pound sterling. Jika saya tidak meminta banding denda, saya tidak akan meninggalkan Man United. Jangan dicuci otak oleh propaganda dan kebohongan,” kata Keane di sebuah acara di Limerick pada 2017.

“Ini kacang, kamu didenda karena terlambat latihan di United. Saya mengajukan banding karena saya merasa seharusnya tidak didenda karena berbicara tentang pertandingan di stasiun klub,” tutur dia.

“Sudahkah aku keluar dari skuad? Benar sekali aku sudah. Man United mendenda saya sekitar setengah juta pound selama karier saya, tetapi itu karena saya dikeluarkan dan saya selalu mengangkat tangan. Ironisnya ketika saya mengajukan denda 5.000 pound sterling pada saat saya meninggalkan klub,” kata dia.

“Saya berharap mereka memutar video ini, itu adalah propaganda, ‘kami harus menghancurkannya’. Bagaimana Anda menghancurkan video? Saya pergi dengan kepala terangkat tinggi, saya baik-baik saja dengan tindakan saya, saya selalu merasa niat saya adalah melakukan yang terbaik untuk Man United,” ujar dia.

Sumber: