Bergaya Miring di Pegunungan, Safety Riding Astra Jateng Ingatkan Batas-batasnya
PAHAM BATAS- Jalan di pegunungan memiliki karakteristik yang sangat berbeda dari jalan datar, dan ini menuntut adaptasi kecepatan yang signifikan. Di sini pentingnya memahami batas kecepatan di pegunungan.-Istimewa-
Lakukan pengereman yang proporsional (depan 70%, belakang 30%) saat motor masih lurus, jauh sebelum memasuki tikungan. Turunkan gigi untuk memanfaatkan engine braking.
BACA JUGA: Musim Hujan, Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Ingatkan Hal Ini
Setelah masuk tikungan, jika perlu koreksi kecepatan tipis, Anda boleh melakukan trailing brake (pengereman sangat ringan), biasanya hanya menggunakan rem belakang sambil motor miring dimaksudkan untuk menjaga kestabilan berkendara saat menikung.
Saat menuruni bukit, jangan menahan tuas rem terus-menerus. Teknik yang benar adalah Lakukan pengereman kuat sebentar, lepaskan, lalu ulangi. Teknik ini memungkinkan rem mendingin sebentar, mempertahankan efektivitas pengereman, dan mengurangi risiko rem blong.
Fokus pada Engine Braking, gunakan gigi rendah (Gigi 1 atau 2) agar mesin membantu menahan laju. Jika menggunakan matik wajib turun kecepatan drastis sebelum menurun dan gantung gas sedikit agar engine brake tipis bisa membantu kenierja rem.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

