Radartegal.com - Honda PCX 160 dikenal sebagai skutik premium yang mengedepankan kenyamanan, desain elegan, dan performa yang halus.
Namun meski sudah dibekali teknologi eSP+ yang modern, banyak pemilik Honda PCX 160 yang penasaran, apakah motor ini masih bisa dibuat lebih irit? Jawabannya bisa, bahkan jauh lebih irit dari klaim pabrikan.
Tidak hanya soal servis rutin, tetapi ada beberapa teknik dan pengaturan kecil yang jarang dibocorkan diler atau mekanik, padahal sangat berpengaruh pada efisiensi bahan bakar.
Melalui panduan lengkap ini, Anda akan menemukan berbagai trik aman, mudah diterapkan, dan terbukti efektif untuk membuat Honda PCX 160 makin hemat BBM, nyaman dipakai, dan tetap bertenaga.
BACA JUGA: Anti Burik, 10 Tips Merawat Cat Body Honda PCX 160 agar Tetap Kinclong Seperti Baru
BACA JUGA: Begini Cara Bikin Honda PCX 160 Irit yang Masih Sering Dilewatkan
Cara Bikin Irit Honda PCX 160
1. Pahami Karakter Mesin eSP+ 160
Mesin eSP+ Honda bekerja paling efisien pada rentang 3.500–5.000 RPM. Inilah zona “torsi optimal” di mana pembakaran paling stabil dan motor tidak memerlukan tenaga berlebih.
Sayangnya, diler jarang menjelaskan karakter mesin secara mendalam. Sebagian besar pengguna justru menaikkan RPM terlalu tinggi saat berakselerasi sehingga konsumsi BBM meningkat.
Tipsnya mudah, gunakan bukaan gas halus, biarkan mesin naik RPM secara perlahan, dan jaga kecepatan stabil. Teknik ini saja sudah bisa menghemat BBM hingga 10%.
2. Gunakan ISS dengan Benar
Fitur Idling Stop System (ISS) memang dirancang untuk menghemat bahan bakar. Namun banyak orang menggunakannya di situasi yang salah.
Jika ISS aktif saat berhenti kurang dari 3 detik, sistem starter akan bekerja berkali-kali dan justru membuat konsumsi BBM meningkat, bukan berkurang.
BACA JUGA: Review Lengkap Fitur Honda PCX 160, Performa dan Penyebab Banyak Dipilih Pengendara Indonesia
BACA JUGA: Rahasia Merawat Performa Mesih Honda PCX 160 agar Tetap Bertenaga selama 12 Bulan
Cara penggunaan yang benar:
- Aktifkan ISS hanya ketika berhenti lebih dari 5 detik.
- Matikan ISS di jalan macet ekstrem atau stop-and-go.
- Dengan penggunaan yang tepat, ISS bisa meningkatkan efisiensi hingga 7%.
3. Setelan Tekanan Ban
Diler sering menyebutkan tekanan ban standar, tetapi jarang menjelaskan bahwa tekanan ideal harus disesuikan dengan load (beban) pengendara.