Sebelumnya, hadir mewakili Pj Bupati Tegal, Staf Ahli Bupati Tegal Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Kabupaten Tegal Berlian Aji saat membuka bimtek meminta agar para personil pengelola layanan Lapor Bupati Tegal harus memiliki kesamaan persepsi dan tujuan dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai penghubung masyarakat dengan organisasinya.
Pada bimtek hari kedua, peserta mendapat materi tentang kehumasan pemerintah, pengelolaan media sosial dan pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau SP4N-Lapor!.
Mengakhiri kegiatan bimtek, sepuluh orang person in charge (PIC) atau admin Lapor Bupati Tegal di intansi yang dinilai aktif merespon pengaduan masyarakat diberikan penghargaan.
Mereka antara lain PIC dari BPJS Kesehatan, Kecamatan Margasari, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kecamatan Slawi, Kecamatan Pangkah, Kecamatan Tarub, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.