Cegah Banjir di Brebes, Sugai Cigenjik Dibersihkan

Minggu 20-10-2024,20:01 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.com - Memasuki musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes melakukan pembersihan di Sungai Cigenjik, Kecamatan Brebes guna mencegah banjir. Pembersihan sungai tersebut bekerjasama dengan berbagai unsur.

 

Aliran sungai Cigenjik yang membentang di wilayah desa hingga wilayah kota Brebes mulai dari Wangandalem, Padasugih, Saditan ini kondisinya sudah tercemar oleh berbagai sampah, endapan lumpur, tanaman enceng gondok hingga mikroplastik.

 

Sehingga perlu adanya perbaikan agar tidak melimpas jika debit air di musim penghujan sedang tinggi.  Apalagi, jelang musim penghujan ini wilayah yang dialiri Sungai Cigenjik rawan tergenang banjir.

 

Ini lantaran kondisi sungai mengalami pendangkalan akibat sampah ataupun endapan lumpur.  Dalam aksi gotong royong bersih-bersih Sungai Cigenjik, Manunggal Pejabat dan Rakyat di wilayah RW 02 Kelurahan Brebes.

 

BACA JUGA: Cegah Banjir dan Rob di Brebes, Normalisasi Kali Kamal Dilakukan

 

BACA JUGA: Atasi Banjir Perkotaan di Tegal, Aliran Kali Siwatu Dinormalisasi dengan Anggaran Rp2,7 Milyar

 

kegiatan tersebut juga melibatkan ratusan relawan. Diantaraanya, warga Saditan, Santri, pelajar, OPD terkait termasuk DPU, TNI dan Polri, Sabtu 19 Oktober 2024 lalu.

 

Sejumlu alat untuk melakukan kebersihan yang sudah disediakan yakni eskavator, sabit, cengkrok, sekop, golok, hingga pacul. Mereka semangat gotong royong membersihkan sungai Cigenjik.

 

"Sebentar lagi musim hujan, wilayah Saditan ini rawan banjir akibat luapan sungai Cigenjik. Makanya kita bersama-sama membersihkan aliran sungai untuk mencegah bencana banjir jelang musim hujan seperti sekarang," kata Pj Sekda Brebes, Sutaryono. 

 

Ketua Komunitas Masyarakat Jaga Kali (Masjaka) Kabupaten Brebes Mahfudin mengatakan, kegiatan gotong royong bersih-bersih Sungai Cigenjik ini untuk menggerakkan kesadaran menjaga kebersihan sungai lantaran selama ini masih banyak masyarakat yang abai. 

 

BACA JUGA: Banjir Ketanggungan, Anggota DPRD Desak Normalisasi Sungai Babakan Brebes

 

BACA JUGA: Dangkal, Sungai Pekijingan di Suradadi Tegal Disarankan DPRD Dinormalisasi: Harus Secepatnya!

 

"Kalau tidak ada gerakan gotong royong seperti ini, siapa yang akan menjaga lingkungan kita, termasuk sungai. Dengan merawat dan membersihkan sungai ini, kita juga akan mendapatkan manfaat lingkunganya bebas dari banjir," ucpanya. 

 

Berbagai kegitan dilakukan dalam komunitas tersebut. Tak hanya aksi bersih-bersih sungai atau susur sungai, melainkan ada juga penyampaian edukasi untuk masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian sungai.

 

"Kegiatan kami juga memberikan mengedukasi masyarakat agar usaha kami menjaga sungai ada dampak jangka panjangnya," pungkasnya.

Kategori :