Pedagang Pasar Malam Alun-Alun Tegal Sambat Sepi, Calon Wakil Wali Kota Ashim: Mereka Ingin Tenang Jualan

Selasa 15-10-2024,15:50 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com - Sejumlah pedagang yang biasa berjualan di pasar malam Alun-alun Tegal sambat kepada Calon Wakil Wali Kota Tegal M. Ashim Adz Dzorif Fikri. Mereka yang tergabung dalam Organisasi Pedagang Pasar Alun-Alun Tegal (OPPAL) meminta kejelasan status tempat mereka berjualan.

Sehingga, saat menjalankan usahanya tidak diliputi perasaan was-was akan digusur. Bahkan, mereka siap membayar retribusi asalkan saat berjualan bisa merasa tenang.

Ketua OPPAL Ermawan mengatakan pihaknya telah menerima berbagai aspirasi dari para pedagang. Utamanya, terkait status tempat jualan agar diperjelas. 

"Kami meminta ada kejelasan status tempat kami menjalankan usaha. Karena, selama ini kami jualan was-was, karena status tempat jualanya tidak jelas," katanya. 

BACA JUGA: Warga Pesisir Tegal Berharap Ada Penataan PKL, Sekjen Ikatan Alumni PPI Dunia Bilang Begini

BACA JUGA: Calon Wali Kota dan Wakil Wali Tegal Faruq-Ashim Bakal Buat Layanan Konseling Kesehatan Mental

Menurut Ermawan, meski harus membayar retribusi, para pedagang pun siap. Dia mengatakan kawasan Pasar Malam Alun-alun yang saat ini merupakan asset PT. KAI.

"Karenanya, para pedagang berharap agar Pemerintah Kota Tegal kembali menyewanya kembali. Agar nanti para pedagang bisa membayar retribusinya melalui Pemkot Tegal," tandasnya. 

Ermawan menambahkan adanya isu kawasan pasar malam ini tutup sangat berdampak pada berkurangnya pengunjung kawasan pasar malam alun-alun. Tentu saja, hal itu menyebabkan pendapatannya berkurang. 

Menanggapi itu, Calon Wakil Wali Kota Tegal M. Ashim Adz Dzorif Fikri mengatakan salah satu program prioritas yang akan dijalankan jika terpilih nanti yakni penataan pedagang UMKM. Itu, untuk meningkatkan kemandirian perekonomian daerah.

BACA JUGA: Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Faruq-Ashim Ingin Bentuk Pemerintahan yang Dekat dengan Anak Muda

BACA JUGA: Transformasi Jadi Rock Star, Tim Beni Bae Jadi Lumbung Suara Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Faruq-Ashim

Karenanya, dirinya bersama Calon Wali Kota Tegal Faruq akan mempelajari dulu terkait status tempat tersebut. Kemudian, akan mencoba mencarikan solusi terbaik untuk melakukan penataan.

"Selain itu, kami bisa membantu mengomunikasikan dengan akses jejaring yang kami punya. Sehingga para pedagang pasar malam Alun-alun Tegal ini bisa jualan dengan rasa aman," jelas Ashim.

Kategori :