Jadi Jawara, SMPN 1 Pagerbarang Juara I Wayang Gagrak Tegal 2024

Jumat 11-10-2024,14:40 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.com - Berhasil menjadi jawara, SMPN 1 Pagerbarang akhirnya ditetapkan sebagai juara I di ajang Lomba Wayang Gagrak Tegal 2024 tingkat SMP se Kabupaten Tegal.

Lomba tersebut digelar dalam rangkaian acara Pekan Kebudayaan Daerah 2024. 

Kepala SMPN 1 Pagerbarang Sumarno MPd  menyatakan, SMPN 1 Pagerbarang sebagai sekolah yang komitmen untuk terus mengembangakan minat, bakat, kreativitas dan kompetensi siswa. 

"Hal inilah yang membuat kami ambil bagian  memeriahkan Lomba Wayang Gagrak Tegal Tingkat SMP se Kabupaten Tegal in. Dengan bermodalkan semangat siswa dan guru, alhamdulillah kami bisa menyiapkan tim Wayang Gagrak Tegal hanya dalam waktu 3 hari," ujarnya, Jumat, 11 Oktober 2024.

BACA JUGA: Warga SMPN 1 Tarub Kabupaten Tegal Gelar Karya P5 Kebhinekaan Tunggal Ika untuk Kelas IX

BACA JUGA: Usung Santri Suci, Wayang Golek Gagrak SMPN 2 Adiwerna Tampil Memukau di Trasa

Sementara itu, tim pelatih Wayang Gagrak SMPN 1 Pagerbarang membenarkan apa yang disampaikan kepala sekolahnya. 

“Kami latihan menggunakan alat gamelan sederhana yang dipinjam dari Kantor Kecamatan Pagerbarang. Judul yang kami pilih mengambil sejarah yang ada di Kabupaten Tegal yaitu Dumadine Desa Guci," cetus Mas Hasbi, guru muda mapel seni budaya di sekolah tersebut.

Lomba Wayang Gagrak Tegalan yang diselenggarakan oleh Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud Kabupaten Tegal tersebut diikuti oleh 7 sekolah setingkat SMP se Kabupaten Tegal. 

Lomba disaksikan dengan antausias oleh pengunjung Pekan Kebudayaan Daerah dan pengunjung Gigantopithetus Expo 2024. 

BACA JUGA: Lokakarya Jurnalistik Pelajar, Siswa SMP N 1 Talang Kabupaten Tegal Jadi Peserta Teraktif

BACA JUGA: Kenalkan Mantra Sakti, SMPN 1 Slawi Luncurkan Inovasi Manajemen Sekolah Berbasis Kemitraan

Hal ini dikarenakan lomba ini termasuk lomba yang baru dilaksanakan di Kabupaten Tegal. 

Hasil Lomba Wayang Gagrak yang diumumkan oleh dewan juri dengan hasil Juara I diraih SMPN 1 Pagerbarang, Juara II diraih SMPN 1 Slawi, Juara III diraih SMPN 2 Adiwerna, Juara Harapan 1 diraih oleh SMP 3 Pangkah, Juara Harapan 2 diraih SMPN 2 Tarub dan Juara Harapan 3 diraih SMPN 3 Adiwerna.

"Ucapan terima kasih kami disampaikan kepada seluruh siswa SMPN 1 Pagerbarang yang tergabung dalam Tim Wayang Gagrak serta Guru Tim Pelatih Wayang Gagrak. Semoga sekolah bisa terus mengembangkan semua potensi yang ada pada diri siswa dalam rangka mewarisi budaya Tegal," ungkapnya. 

Kategori :