Baru Tahu, Ternyata Tegal Merupakan Jalur Rempah di Indonesia

Kamis 10-10-2024,18:58 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com - Kota Tegal ternyata merupakan salah satu wilayah yang masuk jalur rempah di Indonesia. Untuk itu, Kemendikbudristek RI bersama Komisi X DPR RI saat ini tengah mengusulkannya sebagai warisan budaya dunia.

Itu, terungkap saat berlangsungnya Seminar Kebudayaan Pengaruh Jalur Rempah di Pesisir Utara Kamis 10 Oktober 2024. Hadir dalam kegiatan, Anggota DPR RI Abdul Fikri dan Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Restu Gunawan.

Usai membuka seminar, Abdul Fikri mengatakan jalur rempah di pesisir utara Jawa itu meliputi Gresik, Lamongan Tuban, Pati, Demak, Tegal dan Cirebon. Karenanya, perlu upaya untuk melestarikannya sebagai warisan budaya.

Sebab, kata Fikri, rempah itu mempengaruhi semua tradisi, budaya, rasa, dan karsa di Indonesia. Seperti motif batik Lasem hingga Salem, bangunan hingga kuliner.

BACA JUGA: Menikmati Sensasi Sate Domba Sakub di Brebes, Tonjolkan Rasa Khas Rempah yang Enak Saat Dimakan

BACA JUGA: Miliki Rasa Rempah yang Khas, Ini 3 Rekomendasi Soto Tauco Tegal Paling Lezat

"Selain itu, kita ini tahu, bangsa kita juga kuat karena punya jalur rempah. Bahkan, komoditas inilah yang menjadi salah satu alasan para penjajah datang ke Indonesia," katanya.

Menurut Fikri, tidak semua negara mampu menghasilkan rempah. Di dunia, negara yang memproduksi rempah paling besar yakni dari Brazil, India, China, dan Indonesia.

"Masyarakat harus mengetahui hal ini. Ternyata, rempah ini ternyata mempengaruhi motif batik Lasem dan Salem. Serta mempengaruhi gedung sebagainya," jelasnya. 

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Restu Gunawan mengungkapkan saat ini, jalur rempah sedang diusulkan sebagai warisan budaya dunia kategori route atau jalur. Karenanya, langkah awal yakni menggelar sosialisasi agar masyarakat paham tentang jalur rempah. 

BACA JUGA: Nikmati Kopi Rempah dan Temukan Jejak Soekarno di Kesultanan Ternate, Ganjar: Kebesarannya Masih Sangat Terasa

BACA JUGA: Bumbu Rempah-rempah Indonesia Ditarget Akan Diekspor Hingga Rp28,5 Triliun

"Kegiatan ini juga upaya untuk mendorong generasi muda punya kebanggaan terhadap warisan budaya Indonesia. Kita datang ke daerah-daerah untuk seminar sosialisasi guna mengedukasi masyarakat, apa itu jalur rempah itu," terangnya. 

Kategori :