Bongkar Fitur VVA Sepeda Motor Yamaha, Mesin Bertenaga Tapi Tetap Hemat Bahan Bakar

Kamis 03-10-2024,05:53 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com - Apa fungsi fitur VVA pada motor Yamaha? Salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Yamaha yang mungkin beberapa pengendara jarang ada yang tahu.

Sebagai pengendara motor, kalian pasti mencari motor yang punya performa yang baik, efisiensi bahan bakar yang tinggi, dan tentunya respons mesin yang cepat. 

Fitur VVA pada motor Yamaha ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 melalui Yamaha NMAX, dan sejak saat itu, berbagai model Yamaha lainnya juga telah mengadopsi teknologi ini, termasuk Yamaha R15, MT15, dan XSR155.

Nah, buat kalian yang penasaran bagaimana fitur VVA pada motor Yamaha ini bekerja dan apa saja keunggulannya, yuk kita bahas lebih lanjut di bawah ini yang kami kutip dari yamahadeta.co!

BACA JUGA: Touring Turboisme Selo dan Guci, Yamaha NMAX Turbo Mampu Taklukan Tanjakan Curam

BACA JUGA: Yamaha Laksanakan Touring Explore Wisata Bareng NMAX Turbo, Peringati HUT Kabupaten Kudus

Apa itu Variable Valve Actuation (VVA)?

Variable Valve Actuation atau VVA adalah teknologi yang berfungsi mengatur kinerja mesin melalui pengaturan katup atau valve pada mesin motor.

Teknologi ini tidak hanya meningkatkan performa mesin, tapi juga menjaga agar motor tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Dalam praktiknya, VVA membuat mesin motor bisa menyesuaikan waktu buka dan tutup katup sesuai dengan putaran mesin. Hasilnya, tenaga yang dihasilkan tetap optimal di berbagai kondisi.

Fungsi utama fitur VVA motor Yamaha

Setidaknya, ada tiga fungsi utama dari teknologi VVA ini:

BACA JUGA: Saingi Honda PCX, Intip Review Yamaha NMAX VVA Terbaru 2024

BACA JUGA: Hari Pelanggan Nasional, Yamaha Antar NMAX 'TURBO' Pakai Mobil Mewah untuk Konsumen

1. Meningkatkan Performa Mesin

Berkat VVA, motor bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar baik saat putaran mesin rendah maupun tinggi.

Dengan pengaturan bukaan katup yang lebih presisi, motor Yamaha mampu memberikan torsi yang lebih konsisten dan merata. Jadi, kalian bisa merasakan tenaga yang kuat tanpa harus menekan mesin secara berlebihan.

2. Efisiensi Bahan Bakar yang Lebih Baik

Kategori :