10 Cara untuk Mempercepat Pengisian Baterai HP yang Aman dan Tepat, Bikin Ponsel Awet

Rabu 02-10-2024,06:52 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Salah satu cara mempercepat pengisian baterai Android yang paling efektif adalah dengan mematikan HP saat mengisi daya. Jika kamu tidak ingin mematikan HP sepenuhnya, aktifkan mode pesawat. Ini akan mematikan semua koneksi nirkabel yang biasanya mengonsumsi banyak daya.

BACA JUGA: 6 Penyebab Baterai HP Boros, Nomor 4 Kerap Tidak Disadari Pengguna

BACA JUGA: 5 Cara Mudah agar Baterai HP Lebih Awet, Pengguna Android atau iOS Wajib Coba

6. Perhatikan Suhu HP

Suhu ekstrem bisa memperlambat proses pengisian daya. Jangan mengisi daya di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Temperatur ruangan yang ideal dapat mempercepat proses pengisian baterai Android.

7. Pilih Port USB yang Tepat

Jika mengisi daya melalui komputer, gunakan port USB 3.0 (biasanya berwarna biru) karena bisa mentransfer daya lebih cepat dibandingkan port USB 2.0. Namun, ingat bahwa mengisi daya melalui adaptor dinding tetap lebih cepat dibandingkan melalui komputer.

8. Bersihkan Port Charging

 

Kotoran dan debu yang menumpuk di port charging bisa memperlambat proses pengisian daya. Bersihkan port charging secara berkala menggunakan sikat gigi lembut atau cotton bud. Jangan lupa untuk mematikan HP ketika membersihkan.

BACA JUGA: 6 Cara Menghemat Baterai HP Samsung Galaxy A53, Cuma Klik Fitur-fitur Ini Supaya Gak Bikin Lowbat

BACA JUGA: 5 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi supaya Tetap Awet, Beneran Efektif dan Mudah Diterapkan!

9. Gunakan Kabel Pendek

Kabel charging yang lebih pendek umumnya bisa mentransfer daya lebih efisien dibandingkan kabel panjang. Jika memungkinkan, gunakan kabel pendek saat ingin mengisi daya dengan cepat.

10. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Pastikan sistem operasi Android dan aplikasi-aplikasimu selalu diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan sering kali membawa optimasi yang bisa meningkatkan efisiensi penggunaan baterai dan kecepatan pengisian daya.

Demikian informasi tentang 10 cara untuk mempercepat pengisian baterai hp, yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Kategori :