Tagihan Auto Murah, Begini Cara Menghemat Penggunaan Daya Listrik AC di Rumah

Rabu 18-09-2024,10:06 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com -  Di tengah isu naiknya tarif dasar listrik (TDL), konsumen pun mulai siap-siap menyiapkan sejumlah strategi. Mereka mencari-cari cara menghemat penggunaan daya listrik air conditioner (AC) di rumah.

Apalagi di tengah-tengah cuaca yang terik, menggunakan AC untuk membuat udara yang sejuk dan nyaman, lebih banyak dipakai masyarakat. Imbasnya, tak sedikit yang mengeluh saat mendapatkan tagihan listriknya.

Tetapi jangan kuatir, saat ini banyak  cara menghemat penggunaan daya listrik AC yang bisa dijadikan solusi. Sehingga meskipun penggunaan listrik untuk AC dilakukan secara terus menerus, rekening akan tetap terkendali.

Cara menghemat listrik AC di rumah

BACA JUGA: Rincian Konsumsi Daya Listrik AC Dinding Merk Samsung, Emang Boros?

BACA JUGA: Apa Benar Konsumsi Listrik AC Dinding Merk Samsung itu Boros? Ini Rinciannya

1. Atur Suhu AC

Hindari mengatur AC pada suhu yang terlalu rendah. Setiap penurunan satu derajat dapat meningkatkan konsumsi energi AC sekitar 5-10%. Oleh karena itu, atur suhu sejalan dengan kenyamanan Anda tanpa membuatnya terlalu dingin.

Set suhu AC pada level yang nyaman, idealnya antara 24-26 derajat Celsius. Setiap peningkatan suhu satu derajat dapat menghemat energi sekitar 5-10%. Selain itu, hindari perbedaan suhu yang drastis dengan suhu luar ruangan.

Hindari juga menetapkan perbedaan suhu yang terlalu besar antara suhu ruangan dan suhu yang diinginkan. Semakin besar perbedaannya, semakin keras AC bekerja, yang dapat meningkatkan konsumsi energi. Hal ini menjadi salah satu cara agar AC hemat listrik.

2. Rutin Bersihkan dan Ganti Filter AC

Cara agar AC hemat listrik salah satunya dengan rutin membersihkan filter. Pasalnya fiter yang kotor dapat membuat AC bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak energi.

BACA JUGA: Cara Menghemat Listrik AC Dinding yang Benar, Praktekkan di Rumah Rasakan Hasilnya

BACA JUGA: Bisa Menyelamatkan Bumi, 4 Cara Mudah Hemat Listrik AC, Ruangan Tetap Dingin

Bersihkan atau ganti filter secara teratur, minimal setiap satu atau dua bulan sekali, tergantung pada seberapa sering AC digunakan.

Kategori :