9 Cara Merawat Motor Listrik Honda agar Awet dan Tahan Lama, yang Mau Beli Wajib Tahu Ini

Rabu 11-09-2024,20:22 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Teguh Mujiarto

radartegal.com - Merawat motor listrik, terutama merek Honda, memang sedikit berbeda dengan merawat motor berbahan bakar bensin. Bagaimana caranya?

Kalian yang sudah beralih ke motor listrik, pastinya paham betul pentingnya menjaga performa motor supaya tetap canggih, hemat energi, dan tentunya tahan lama. 

Tapi, sering kali kita bingung harus memulai dari mana. Yuk, simak beberapa tips merawat motor listrik Honda yang bisa kalian terapkan untuk merawat motor listrik Anda agar tetap prima dan siap melibas jalanan setiap hari.

Tips merawat motor listrik Honda

1. Rutin Melakukan Pemeriksaan

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah pemeriksaan rutin. Pemeriksaan ini bukan hanya sekadar formalitas, tetapi sangat penting untuk memastikan tidak ada komponen yang rusak atau bermasalah.

BACA JUGA: Intip Performa dan Fitur Menarik Motor Listrik Honda Zoomer e 2024, Siap Bersaing dengan Skutik

BACA JUGA: 15 Keunggulan Motor Listrik Honda EM1 e, Yakin Gak Mau Beli?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama kondisi baterai dan komponen-komponen lain yang mendukung performa motor listrik kalian.

  • Pemeriksaan Baterai

Baterai adalah jantung dari motor listrik. Jika kondisi baterai tidak optimal, maka performa motor pun akan turun drastis. Pastikan baterai selalu dalam kondisi baik, tidak ada kebocoran, kerusakan, atau gejala lain yang mencurigakan.

Selain itu, perhatikan juga cara pengisian baterai yang benar. Jangan terlalu sering melakukan pengisian daya berlebihan (overcharging), atau bahkan kurang mengisi (undercharging), karena kedua hal ini bisa memperpendek umur baterai.

  • Cek Kabel dan Komponen Kelistrikan

Selain baterai, pastikan kabel-kabel serta komponen kelistrikan lain pada motor kalian selalu dalam kondisi baik. Kabel yang longgar atau rusak bisa mengganggu aliran listrik dan berdampak langsung pada performa motor.

BACA JUGA: Siap Bersaing dengan Matic, Intip Performa dan Fitur Menarik Motor Listrik Honda EM1 E 2024

BACA JUGA: Keunggulan Motor Listrik SG-Max 2024, dengan Mesin 3000w yang Mampu Menerjang Banjir

Kategori :