Mitos Berendam Pagi Sore di Pantai Pulau Kodok Tegal Dapat Mengobati Penyakit, Benarkah?

Sabtu 07-09-2024,09:21 WIB
Reporter : Hanif Nabilla Risqita
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com - Pantai pulau kodok merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Objek wisata ini seringkali dikunjungi oleh masyarakat dengan berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa untuk sekedar mencari suasana pantai atau sekedar santai untuk menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, dan lain-lain.

Menurut masyarakat setempat objek wisata tersebut menyimpan mitos di balik keindahan pantai nya. Masyarakat setempat mempercayai bahwa jika berendam di pantai pulau kodok dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit antara lain stroke, asam urat dan lain sebagainya.

Berdasarkan cerita dari warga sekitar, pada tahun 2014 lalu menceritakan bahwa ada seseorang yang sakit stroke lalu sembuh setelah berendam di pantai pulau kodok secara rutin terus-menerus.

BACA JUGA:  Tersohor Hinga ke Luar Daerah, Ini 3 Warung Sate Kambing Muda Tegal yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

BACA JUGA:  Tarik Wisatawan, Wisata Bangunan Bersejarah dalam Tegal History Track Mulai Ditawarkan

Oleh karena beredarnya kabar tersebut, banyak orang yang berendam setiap pagi hari dan sore hari dengan harapan agar dapat sembuh dari penyakit-penyakit yang diderita hingga saat ini.

Ada salah satu warga bernama Abdul yang mengatakan bahwasannya ada banyak orang yang berendam dan mandi di Pantai Pulau Kofok Tegal setiap hari Minggu pagi dan sore. Hal ini karena udara pada saat pagi hari masih terasa segar dan lingkungan nya pun masih bersih.

Mitos pantai pulau kodok Tegal pun dibenarkan oleh Lurah Panggung yang bernama Heru Sukoco, bahwasannya menurut beliau jika mandi dan berendam di pantai pulau kodok Tegal dapat sembuh dari beberapa penyakit antara lain stroke, kolesterol tinggi, dan hipertensi.

Mitos tersebut menyebabkan pantai ini menjadi ramai pengunjung untuk mengobati penyakit yang diderita.

BACA JUGA:  4 Rekomendasi Wisata Curug di Brebes, Menawarkan Panorama Keindahan Alam yang Bikin Fresh

BACA JUGA:  Pemkab Promosikan Wisata di Brebes Lewat Pemilihan Si Nok Si Tong, Ini Daftar Juaranya

Perkembangan Wisata Pantai Pulau Kodok Tegal

Pada tahun 2019, Pemerintah Kota Tegal (pemkot) telah mengembangkan pantai pulau kodok sebagai objek wisata yang telah disediakan beberapa wahana air dan edukasi mengenai perikanan di daerah pesisir.

Walaupun bernama pulau kodok, kawasan ini tetap berada pada satu daratan dengan Kota Tegal, bukan merupakan sebuah pulau terpisah.

Nama pulau kodok hanya untuk sekedar unsur penamaan saja karena pulau tersebut memang memiliki banyak lahan tambak yang digunakan untuk para pemancing dan kebetulan para pemancing juga sering berpindah-pindah tempat dengan cara melompat dari satu tempat ke tempat lain untuk sekedar mencari tempat duduk

Selain itu, area pantai pulau kodok banyak ditemukan sejumlah kodok sehingga dengan berjalannya waktu area pantai tersebut dijuluki dengan nama pantai pulau kodok. Sesuai dengan nama tersebut, saat kita memasuki kawasan wisatanya, pengunjung akan disodorkan dengan keberadaan patung kodok raksasa berwarna hijau.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Wisata Seru di Guci Tegal Selain Pemandian Air Panas, Tawarkan Pemandangan yang Instagramable

BACA JUGA:  7 Objek Wisata di Kawasan Guci Tegal yang Wajib Dikunjungi, Mulai Wisata Alam Sampai Buatannya

Demikian informasi tentang mitos berendam pagi dan sore di Wisata Pulau Kodok, yang diyakini warga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selamat berlibur.

Kategori :