Kenali Risiko Pinjol Tanpa KTP, Tidak Hanya Potensi Penagihan Agresif dan Bunga Lebih Tinggi

Jumat 06-09-2024,09:58 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com – Pinjol tanpa KTP memiliki risiko yang berpotensi merugikan nasabahnya. Potensi dampak buruk itu sangat beragam.

Mulai dari potensi penagihan yang agresif dan juga bunga yang lebih tinggi dibandingkan jenis pinajaman online lainnya. Ya m eskipun menggiurkan, namun mengajukan pinjol tanpa KTP memiliki beberapa risiko yang tentu merugikan konsumen.

Tidak hanya suku bunga tinggi dan penagihan utang yang agresif,  mengajukan pinjol tanpa KTP ternyata juga menimbulkan risiko hukum. Karena perlindungan hukum jika terjadi sesuatu, sangat rendah bahkan tidak ada.

Itulah sebabnya Anda tidak boleh terlalu berlebihan dan berpikir, jika pinjol tanpa KTP itu aman. Di bawah ini sejumlah  risiko yang harus Anda ketahui, apabila meminjam tidak dengan syarat identitas pribadi.

BACA JUGA: Pinjol Tanpa KTP Tidak Sebar Data Pribadi? Bisa Jadi, Tapi Harus Hati-hati Jika Ada Potensi Galbay

BACA JUGA: Jangan Terjebak Pinjol Tanpa KTP Langsung Cair, Pilih dengan Seksama Agar Tak Terjerat Utang

Risiko pinjol tanpa KTP

Identitas data pribadi seperti KTP sangat lumrah menjadi salah satu persyaratan saat mengajukan kredit, termasuk pinjol.  Meskipun ada beberapa pinjaman online yang bisa cair tanpa perlu menyetorkan KTP sebagai syarat daftarnya.

Perlu diketahui ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi setelahnya yang harus Anda ketahui utamanya saat mengajukan pinjaman online ilegal.

1. Identifikasi Identitas Diri Tidak Jelas

Risiko terbesar mengajukan pinjol tanpa KTP yaitu kurangnya identifikasi identitas yang jelas. KTP merupakan berkas resmi yang memberikan informasi seseorang, apalagi jika ingin mengambil pinjaman sejumlah uang dalam jumlah besar.

Jika mengajukan pinjaman tanpa KTP, nantinya akan sulit bagi pihak pinjol melakukan verifikasi data si peminjam. Inilah yang bisa membuka peluang adanya penipuan, penggelapan identitas, maupun tindak ilegal lainnya.

BACA JUGA: Hati-hati, Pinjol Tanpa KTP Bisa Menguntungkan Tapi Bisa Juga Bikin Buntung

BACA JUGA: Jangan Terjebak Mudahnya Persyaratan, Pahami Risiko Pinjol Tanpa KTP Agar Tak Terlilit Galbay

2. Data Pribadi Tidak Aman

Kategori :