Jangan Salah Beli, Ini 4 Perbedaan Android TV dan Smart TV yang Sangat Penting Diketahui

Senin 02-09-2024,06:15 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com - Banyak warga dan masyarakat yang belum bisa membedakan perbedaan antara android tv dan smart tv. Karena itu, sangat penting bagi konsumen untuk mengetahuinya  sebelum membeli kedua tv pintar tersebut.

Kenapa harus mengetahui detail  perbedaan antara android tv dan smart tv?  Ya, meskipun secara teknologi hampir sama, tetapi ada baiknya konsumen mengenali  spesifikasi dan fitur-fitur kedua jenis tv tersebut  agar tidak keliru.

Selama ini banyak orang yang keliru dan salah kaprah menganggap keduanya justru memiliki kesamaan. Padahal terdapat sejumlah perbedaan antara android tv dan smart tv yang sangat elementer, dan wajib diketahui dari awal.

Misalnya yang paling tampak adalah tampilan luar yang menandai  perbedaan android tv dan smart tv. Jika smart tv memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah dipahami penggunanya, tidak dengan android tv.

BACA JUGA: 5 Merk Android TV Terbaru 2024, Dibekali Prosesor Canggih dan Layar Ultra 4K Bikin Betah di rumah

BACA JUGA: Android TV Changhong L43H7, Nikmati Pengalaman HDR10+ yang Realistis dan Suara Dolby yang Mendalam

Cara membedakan android dan smart tv

Apabila tampilan smart tv relatif lebih sederhana, android tv mempunyai tampilan luar yang lebih kompleks. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengenalinya, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, antara lain:

1. Sistem Operasi dan Fitur

Smart tv menggunakan sistem operasi ‘mutlak’, sehingga aplikasi yang ada tidak bisa diperbarui (update). Contohnya, jika YouTube mengeluarkan versi terbaru dari aplikasinya, pengguna tidak bisa melakukan update.

Sementara di android tv bisa. Pengguna tinggal mengakses Google Play Store untuk melakukan update versi aplikasi yang digunakan.  Selain itu, android tv sudah dilengkapi dengan fitur mikrofon atau pengeras suara.

Sehingga pengguna bisa menggunakan layanan Google Assistant untuk memberi perintah kepada TV menggunakan suara. Fitur ini  mungkin tidak ditemukan di smart tv, karena pada umumnya, pengguna tetap harus memerintah dengan memencet remote dan mengetik keyboard.

BACA JUGA: 4 Pilihan Android TV Terbaik Merk Samsung, Bikin Nonton Jadi Excited!

BACA JUGA: Review Android TV Polytron Cinemax, Serasa Punya Bioskop Pribadi, Cuy!

2. Aplikasi

Kategori :