Suka Touring? Bagini 10 Cara Menghemat Bensin Honda PCX 160

Sabtu 31-08-2024,06:11 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Zuhlifar Arrisandy

BACA JUGA: Awas Salah Pilih Bisa Selip! Berikut 7 Tips Memilih Ban Honda PCX 150 sesuai Kondisi Jalanan di Indonesia

7. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Kalau selama ini Anda masih pakai bahan bakar oktan rendah, coba pertimbangkan untuk beralih ke Pertamax atau bahan bakar sejenis yang memiliki oktan lebih tinggi.

Bahan bakar dengan oktan tinggi membuat pembakaran lebih sempurna dan efisiensi konsumsi bahan bakar pun meningkat. Memang harganya sedikit lebih mahal, tapi dalam jangka panjang justru lebih hemat.

8. Manfaatkan Fitur Eco Indicator

Honda PCX 160 sudah dilengkapi dengan fitur eco indicator yang bisa membantu Anda menghemat bahan bakar. Perhatikan indikator tersebut dan usahakan agar jarum indikator selalu berada di zona hijau.

Ini berarti Anda sedang berkendara dengan efisien. Anggap saja ini seperti main game, di mana Anda harus menjaga agar indikator tetap di level yang optimal.

BACA JUGA: Simulasi Kredit Honda PCX 160 di Tegal, Angsuran dan DP Terjangkau

BACA JUGA: Review Honda PCX 160 setelah Pemakaian 10.000 KM, Lakukan Hal Ini Agar Mesin Tetap Bandel

9. Atur Posisi Tubuh dengan Benar

Posisi tubuh saat berkendara juga bisa mempengaruhi konsumsi bensin. Usahakan posisi tubuh tetap tegak dan rileks agar hambatan angin bisa diminimalkan. Selain membuat Anda lebih nyaman, cara ini juga bisa membantu menghemat bahan bakar.

10. Pertimbangkan Jumlah Penumpang

Jika Anda sering membawa penumpang saat touring, ingatlah bahwa semakin berat beban, semakin besar konsumsi bensin.

Kalau memang harus membawa penumpang, pastikan mereka juga nyaman dan jangan bawa penumpang lebih dari kapasitas yang dianjurkan. Tidak hanya demi keselamatan, tapi juga demi dompet Anda.

Kesimpulan

Kategori :