Suka Touring? Bagini 10 Cara Menghemat Bensin Honda PCX 160

Sabtu 31-08-2024,06:11 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Zuhlifar Arrisandy

BACA JUGA: Menghitung Biaya Perawatan Honda PCX 160 per Tahun, Ngirit atau Boros?

3. Kendalikan Akselerasi 

Akselerasi yang mendadak ibarat kita yang tiba-tiba jogging di pagi hari setelah sebulan tidak olahraga boros tenaga. Hal yang sama terjadi pada motor Anda.

Jaga kecepatan agar tetap stabil dan lakukan gas dengan halus. Kalau bisa, manfaatkan engine brake saat menuruni tanjakan. Ini salah satu cara menghemat bensin, dan juga mengurangi keausan pada rem.

4. Pola Mengemudi yang Baik 

Menghentikan motor terlalu sering dan tiba-tiba harus gas pol lagi tentu bikin konsumsi bensin meningkat. Coba antisipasi lalu lintas di depan Anda, jaga jarak aman dengan kendaraan lain, dan hindari pengereman mendadak.

Dengan begitu, Anda bisa melaju lebih mulus dan hemat bensin. Ibarat main game balap, semakin smooth Anda bermanuver, semakin irit bahan bakar yang terpakai.

BACA JUGA: Pilih ABS Atau CBS Sama Mantulnya, Pahami Fitur Lengkap Honda PCX 160 2024 yang Semakin Teope Begete

BACA JUGA: Nyamankah Jika Honda PCX 160 untuk Touring? Simak Penjelasannya Berikut

5. Pilih Jalur yang Tepat

Jalan yang rusak dan bergelombang itu seperti bermain di wahana roller coaster, seru tapi bikin boros tenaga. Sama halnya dengan motor Anda, jalan yang tidak rata memaksa mesin bekerja ekstra. Cobalah pilih rute yang lurus dan datar sebisa mungkin. Selain lebih cepat, konsumsi bensin pun bisa ditekan.

6. Servis Berkala 

Mungkin terdengar klise, tapi servis motor secara berkala itu penting banget. Periksa kondisi busi, filter udara, dan komponen lain yang bisa mempengaruhi konsumsi bensin.

Motor yang terawat dengan baik pasti akan bekerja lebih efisien dan irit bahan bakar. Jangan sampai, gara-gara lupa servis, touring Anda jadi lebih mahal karena boros bensin.

BACA JUGA: Terbaik di Kelasnya, Ini Sederet Fitur Unggulan Honda PCX 160 yang Memikat Pecinta Skuter Matic

Kategori :