Rumput Ilalang di Pinggir Tol Pejagan-Pemalang Terbakar, Asap Tebal Ganggu Jarak Pandang Kendaraan

Sabtu 24-08-2024,20:20 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.id - Rumput ilalang yang berada di sekitar tol Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) tepatnya di Pinu Tol Brebes Barat terbakar, Sabtu 24 Agustus 2024. Kursng lebih lahan yang terbakar yakni seluas 1.000X600 meter.

Data yang diterima dari Satuan Polisi Pamong Praja Linmas dan Damkar Kabupaten Brebes, kebakaran rumput ilalang terjadi pada pukul 13.00 WIB. Api berhasil padam sekitar satu jam kemudian.

Kordinator Damkar Satpol PP Brebes Sugiarto menyamoaikan, kebakaran rumput ilalang terjadi di KM 266, tepatnya di gerbang tol Brebes Barat. Kebakaran tersebut sempat menganggu para pengguna jalan.

"Setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran anggota langsung datang ke TKP dan lakukan pemadaman," ungkapnya.

BACA JUGA: Lahan Rumput Ilalang di Dekat Tol Pejagan-Pemalang Terbakar Lagi, Rescue Tol Gerak Cepat Padamkan Api

Dia menceritakan, awal mula kejadian itu diketahui saat ada seorang warga melihat api dan asap di tengah-tengah lahan ilalang. Namun, berapa menit kemudian api membesar dan banyak kepulan asap yg menutupi ruas jalan tol.

"Melihat itu, warga langsung menghubungi mobil pemadam kebakaran," lanjutnya kepada wartawan,

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, arus lalu lintas khususnya jarak pandang pengguna jalan tol sempat terganggu. Lahan yang terbakar yakni seluas kurang lebih 1.000X600 meter. "Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan," terangnya.

Masuk musim kemarau seperti ini, pihaknya mengimbau kepada warga untuk tidak membakar ilalang. Khususnya di pinggir jalan tol. "Selain mengganggu pengguna jalan tol, juga membahayakan bagi para pengendara," pungkasnya.

Kategori :