Tak Perlu Lari atau Pindah Alamat, Pakai 7 Cara Menghentikan Teror DC Pinjol yang Kerap Datang ke Rumah

Kamis 22-08-2024,07:57 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

3. Pilih Pinjol yang Terdaftar di OJK

Untuk menghindari teror dari DC pinjol, pilihlah pinjol yang terdaftar di OJK. Pinjol yang terdaftar di OJK memiliki aturan yang lebih ketat dan terlindungi oleh hukum.

4. Jangan Memberikan Informasi Pribadi

DC pinjol sering menggunakan informasi pribadi nasabah untuk melakukan teror. Oleh karena itu, jangan memberikan informasi pribadi kepada DC pinjol, seperti nomor telepon, alamat, atau tempat kerja.

5. Buat Rencana Pembayaran

Jika mengalami kesulitan dalam membayar utang, maka buatlah rencana pembayaran yang realistis. Hal ini penting untuk menghindari keterlambatan pembayaran yang dapat menyebabkan teror dari DC pinjol.

6. Laporkan ke Pihak Berwenang

Jika DC pinjol melakukan teror, maka segera laporkan ke pihak berwenang, seperti OJK, Satgas Waspada Investasi, atau kepolisian. Pihak berwenang akan melakukan investigasi dan mengambil tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA: 3 Cara Ampuh Hapus Data Pribadi Supaya Tidak Terlacak Pinjol ,Nasabah Galbay Terhindar Ancaman Teror DC Pinjol

BACA JUGA: 7 Cara Menghentikan Teror DC Pinjol, Cegah Malapetaka Keuangan

Laporan ke pihak berwenang dapat dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor OJK, Satgas Waspada Investasi, atau kepolisian.

7. Edukasi Diri Sendiri

Terakhir yang perlu dilakukan untuk menghentikan teror DC pinjol adalah dengan mengedukasi diri sendiri mengenai hak dan kewajiban sebagai nasabah pinjol. Nasabah pinjol memiliki hak untuk diperlakukan dengan baik dan tidak diintimidasi oleh DC pinjol.

Nasabah juga memiliki hak untuk mengetahui identitas DC pinjol dan asal perintah penagihan. Selain itu, nasabah juga perlu memahami peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pinjol.

Peraturan tersebut dapat menjadi dasar untuk melindungi diri dari teror DC pinjol.

BACA JUGA: Trik Jitu Hadapi Teror DC Pinjol yang Datang ke Kantor, Jangan Menghindar Lalu Lakukan 4 Langkah Ini

Kategori :