Pilkada Serentak 2024 Kian Dekat, Polres Tegal Kerahkan Pasukan di Alun-alun Hanggawana Slawi

Rabu 21-08-2024,14:50 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.id - Pilkada serentak 2024 kian mendekat. Berbagai persiapan terus dilakukan.

Salah satunya dari Polres Tegal yang juga melakukan persiapan jelang agenda Pilkada serentak 2024. Polres Tegal mengerahkan pasukan untuk melaksanakan gladi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), Rabu, 21 Agustus 2024.

Gladi Sispamkota jelang Pilkada serentak 2024 itu digelar di area Alun-alun Hanggawana Slawi. Kegiatan ini juga melibatkan personel TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, dan BPBD Kabupaten Tegal. 

Menyaksikan gladi Sispamkota dari awal hingga akhir, Kapolres Tegal AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melihat yang paling utama adalah menyiapkan mental personel menghadapi situasi ricuh atau chaos. 

BACA JUGA: Pilkada Serentak 2024 Semakin Dekat, Polres Tegal Kota Terus Gembleng Kemampuan Dalmas Anggotanya

BACA JUGA: Antisipasi Judi Online di Kalangan Polisi, Polres Tegal Periksa Handphone Seluruh Personel

"Hal inilah yang memang harus dilatih dan menjadi fokus utama. Ketika tidak dilatih, dan ternyata pada Pilkada 2024 mendatang khususnya di Kabupaten Tegal terjadi yang tidak diinginkan atau dalam hal ini kericuhan, personel tidak memiliki mental atau keberanian lebih," tegasnya. 

Gladi Sispamkota persiapan jelang Pilkada serentak 2024 berlangsung sekitar pukul 09.00 sampai 11.00 WIB, dengan dua kali pelaksanaan simulasi disaksikan langsung Kapolres Tegal AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, didampingi Pejabat Utama Polres Tegal. 

Kapolres menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk mengantisipasi jika terjadi situasi Kontinjensi atau kondisi yang berpotensi terjadi saat pelaksanaan Pilkada mendatang. 

"Dari kegiatan ini, kami  berharap personel Polres Tegal bisa membaca situasi, dan mengetahui bagaimana cara bertindak pada saat terjadi situasi kontinjensi," ujarnya.

BACA JUGA: Polres Tegal Amankan Ratusan Pil Koplo, Sempat Disembunyikan di Bungkus Rokok dan Kaleng Biskuit

BACA JUGA: Hadapi Situasi Darurat, Kapolres Tegal Pimpin Latihan Kesiapan Personel Power on Hand

Pewira asal Makasar ini juga menyatakan, nantinya ketika situasi tidak terkendali, maka personel Polres Tegal dan unsur terkait sudah memahami harus bertindak bagaimana, dan apa yang harus dilakukan.  

"Intinya seperti itu. Ya, Sispamkota juga untuk menguji kesiapan mental personel ketika menghadapi situasi ricuh," cetusnya.

Kategori :