Jangan Kalah Gertak dan Takut, Begini Cara Ampuh Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah atau Tempat Kerja

Senin 19-08-2024,07:18 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.id – Cara tepat yang  perlu Anda ketahui saat meng hadapi DC pinjol yang datang ke rumah dan tempat kerja akan dibahas dalam artikel ini. Sebagai nasabah, kita perlu mengetahui tidak hanya kewajiban, tetapi juga hak sebagai kreditur.

Misalnya jangan langsung membayar atau memberikan uang angsurannya, tetapi Anda harus memastikan sejumlah hal terlebih dulu.  Cara tepat menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah atau tempat kerja ini juga sebagai informasi agar terhindar dari penagih utang palsu.

Sekadar informasi, saat ini banyak laporan terkait berkeliarannya debt collector palsu, yang datang menagih utang cicilan atau angsuran pinjaman ke rumah atau tempat kerja. Ironisnya, hal itu hanya modus untuk mencari keuntungan sendiri.

Nah bagaimana tentang cara tepat untuk menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah atau tempat kerja? Lalu apa yang harus nasabah lakukan, jika menemui persoalan-persoalan seperti itu? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: DC Lapangan Pinjol Menunjukan 3 Ciri-ciri ini, Bisa Dipastikan Mereka Tidak Akan Datang

BACA JUGA: Pesan dari Mantan DC Lapangan Pinjol Khusus untuk Nasabah yang Sedang Khawatir dengan Teror Penagihan

Tentang penagihan hutang DC lapangan pinjol

Penagihan utang cicilan atau ansuran pinjol, merupakan hal yang lazim. Biasanya saat nasabah galbay alias gagal bayar cicilan, sudah lewat dari 90 hari setelah jatuh tempo, akan ada debt collector pinjol yang datang ke rumah atau tempat kerja. 

Utamanya ketika si nasabah mengajukan pinjamannya pada pinjol legal OJK, yang memang memiliki  debt collector ( DC) lapangan. Tetapi tenang saja, para debt collector tersebut tidak langsung datang ke rumah begitu saja.

Tahapan penagihan hutang DC pinjol pertama via media komunikasi seperti pesan teks atau telepon. Selanjutnya, mereka akan mengirimkan surat peringatan kedatangan jika si nasabah tidak responsif atau tidak kunjung membayarkan hutangnya.

Barulah selanjutnya petugas DC akan datang ke rumah menagih secara langsung utang nasabah yang bersangkutan.

BACA JUGA: Dear Nasabah, Jangan Pernah Memblokir Nomor Whatsapp DC Lapangan Pinjol Setelah Galbay, Bisa Kaya Gini

BACA JUGA: 4 Daerah Besar yang Biasa Menjadi Titik Kunjungan DC Lapangan Pinjol Legal OJK, Berikut Namanya

Cara menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah atau kantor

Saat ada debt collector yang datang ke rumah menagih hutang, Anda jangan langsung mau membayarkan begitu saja. Ada sejumlah hal yang harus dipastikan sebelum Anda memberikan uang kepada mereka.

Kategori :