Ketua DPRD Kota Tegal Pimpin Rapat Paripurna Istimewa Mendengarkan Pidato Presiden

Jumat 16-08-2024,20:30 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada 16 Agustus 2024 siang itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Ketua dan anggota DPRD, Pj Walikota Tegal Dadang Somantri dan jajaran Forkopimda. Selain itu, hadir pula Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, Kepala OPD, Camat dan Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro mengatakan peringatan proklamasi kemerdekaan baiknya dilakukan dengan introspeksi. Memusatkan kekuatan batin sebagai sumber hikmah.

"Selanjutnya menjadi pencerah pikir dalam menunaikan cita-cita proklamasi. Berlandaskan istiqomah-konsisten, konsekuen, dan berkelanjutan," katanya.

BACA JUGA: Wakili Pj Walikota, Sekda Sampaikan Pengantar Nota Keuangan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal

BACA JUGA: Perda Pajak dan Retribusi Daerah Disosialisikan, Ini Kata Anggota DPRD Kota Tegal

Menurut Kusnendro, peringatan kemerdekaan juga menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan melalui niti-laku dan napak-tilas jejak sejarah yang ditinggalkannya. Seraya mendoakan, agar arwah para syuhada bangsa itu memperoleh pahala sesuai amal-bhaktinya. serta diterima di haribaan-Nya dan diampuni segala dosanya.

"Bangsa Indonesia memiliki dua agenda besar yaitu Pemilu, yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Serta Pilkada serentak, yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024," tandasnya.

Itu, kata Kusnendro, sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 2/2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Serta Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

"Karenanya, kami berharap seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dengan menjunjung tinggi asas luber dan jurdil secara bijaksana. Serta dukungan dan peran serta semua pihak agar dapat menciptakan kondusifitas keamanan dan ketertiban agar dapat terlaksana dengan tertib dan lancar dalam suasana aman, nyaman dan kondiusif,’’ujar Kusnendro. 

BACA JUGA: Rapat Paripurna, 7 Rekomendasi soal Pendapatan Daerah Dikeluarkan DPRD Kota Tegal

BACA JUGA: KUA dan PPAS 2025 Disampaikan, DPRD Kota Tegal Segera Gelar Paripurna

Ketua DPRD menyampaikan, pihaknya mengajak Pemerintah Kota Tegal untuk melaksanakan pembangunan di segala bidang secara konsisten dan berkesinambungan. Sebagaimana telah direncanakan dalam dokumen perencanaan nasional maupun daerah, dengan melibatkan seluruh elemen kebangsaan.

"Sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju. Apalagi, Pemkor bersama DPRD telah melaksanakan pembahasan terhadap RPJPD 2025-2045," terangnya.

Kategori :