Maksimalkan Pemakaian Air Bersih 10 Kubik per Bulan, Perumdam Tirta Bahari Kota Tegal Lakukan Hal Ini

Selasa 13-08-2024,16:56 WIB
Reporter : K Anam Syahmadani
Editor : Khikmah Wati

TEGAL, radartegal.id- Memaksimalkan pemakaian air bersih 10 kubik per bulan di Kota Tegal, Perusahaan  Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Bahari Kota Tegal mengadakan sosialisasi ke warga. Sosialisasi Pemakaian Air Bersih untuk Pencegahan Stunting dan Pembayaran Online itu berlangsung di Pendapa Kecamatan Tegal Barat, Selasa, 13 Agustus 2024. 

“Kami mengimbau masyarakat pelanggan memaksimalkan pemakaian air bersih sepuluh kubik per bulan. Jika masyarakat sehat, negara kuat,” kata Direktur Utama Perumdam Tirta Bahari Hasan Suhandi yang memberikan sosialisasi bersama Kepala Bagian Hubungan Pelanggan Heri Nurdin. 

Bagi yang belum memiliki akses air bersih, Perumdam Tirta Bahari mengajak agar segera melakukan pemasangan sambungan. Hasan mengatakan, sosialisasi ini diadakan untuk memberikan edukasi akan pentingnya pemakaian air bersih dalam mencegah stunting. 

Masyarakat pelanggan diimbau memaksimalkan pemakaian air bersih sepuluh kubik per bulan. Tidak hanya untuk minum dan memasak, namun juga mandi dan mencuci.

BACA JUGA: 3 Desa di Kabupaten Tegal Krisis Air Bersih, Kekeringan Akibat Kemarau Mulai Terjadi

BACA JUGA: 702 Rumah di 2 Kecamatan di Brebes Selatan Bakal Dapatkan Layanan Air Bersih

Hasan menyampaikan, terkait gangguan pelayanan air bersih, disebabkan dua faktor. Yakni faktor alam dan faktor perbaikan. 

Faktor alam seperti kebocoran pipa di wilayah atas biasanya disebabkan musibah atau bencana, sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat pelanggan kerap terlambat. Sedangkan jika faktor perbaikan, informasi dapat disampaikan lebih awal.

Hasan menegaskan Perumdam Tirta Bahari akan segera menindaklanjuti laporan dan masukan yang disampaikan peserta dalam sosialisasi ini, baik mengenai kebocoran, kerusakan, bekas penggalian pipa, dan sebagainya. 

“Terima kasih atas laporan dan masukannya. Kami akan segera kami tindaklanjuti atas kekurangan tersebut,” ucap Hasan.

BACA JUGA: Warga Desa Pamulihan Brebes Protes Proyek Air Bersih Rp925 Juta, Ternyata Ini Sebabnya

BACA JUGA: Terdampak Proyek Drainase di Pantura Pipa PDAM Pecah, Warga di Brebes Kesulitan Air Bersih

Sementara itu, Camat Tegal Barat Edy Sudirman menyampaikan apresiasi kepada Perumdam Tirta Bahari yang telah mengadakan sosialisasi di Pendapa Kecamatan Tegal Barat. Edy juga mengimbau warganya memaksimalkan pemakaian air bersih sepuluh kubik sebagaimana imbauan Perumdam Tirta Bahari, serta ikut serta memelihara sarana perpipaan. 

Sosialisasi Pemakaian Air Bersih untuk Pencegahan Stunting dan Pembayaran Online diikuti masyarakat pelanggan dari tujuh kelurahan. Pembayaran online disosialisasikan karena masih banyak masyarakat pelanggan, terutama yang lanjut usia melakukan pembayaran ke kantor. 

Kategori :