Raih Penghargaan UHC Award 2024, Pemkab Tegal Masuk Kategori Pratama

Jumat 09-08-2024,12:57 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

JAKARTA, radartegal.id–  Menerima penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) Awards Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Tegal masuk untuk kategori Pratama. 

UHC Awards ini merupakan wujud apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Adapun syarat untuk mendapatkan penghargaan ini, daerah harus mampu mencapai cakupan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) minimal 95 persen dari jumlah penduduk.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan terima kasih kepada 33 gubernur dan 460 bupati dan wali kota yang telah berhasil meraih predikat UHC Award 2024.

“Pemerintah daerah telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam mendukung program JKN. Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia,” kata Ma’ruf Amin.

BACA JUGA: 3 Perangkat Daerah Peraih Nilai AKIP Tertinggi di Kota Tegal Dapat Penghargaan, Ini Daftarnya

BACA JUGA: PC Muslimat NU Kabupaten Tegal Raih Penghargaan Darma Karya Kencana, Pemkab Tegal Beri Apresiasi

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengapresiasi seluruh kepala daerah yang hadir di acara ini. Menurutnya, capaian UHC di daerah merupakan implementasi pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Jumlah peserta JKN per tanggal 1 Agustus 2024 telah mencapai 276.520.647 jiwa atau 98,15 persen dari total penduduk Indonesia. Capaian tersebut selain menyangkut jumlah peserta, juga memastikan seluruh penduduk memiliki akses layanan kesehatan,” kata Ghufron. 

Penghargaan ini diterima langsung Pj Bupati Tegal Agustyarsyah dari Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti di The Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2024.

Adapun tingkat kepersertaan program JKN Kabupaten Tegal tahun 2024, sebagaimana disampaikan Pj Bupati Agustyarsyah usai acara, angkanya mencapai 96 persen penduduk.

BACA JUGA: Selamat! Jateng Raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Berkinerja Terbaik 2024

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Tegal Serahkan Penghargaan PNS Teladan

Menurutnya, sekalipun telah berhasil meraih UHC Award 2024, capaian 96 persen UHC di Kabupaten Tegal belumlah optimal. Perlu perjuangan dan afirmasi kebijakan untuk mencapai angka 100 persen di akhir tahun ini ataupun di tahun depan.

“Capaian ini tentunya bukan saja harapan BPJS Kesehatan, tapi juga harapan setiap pemerintah daerah dan warganya supaya semua lini pelayanan kesehatan baik itu klinik, puskesmas, rumah sakit tercover BPJS, sehingga di sini masyarakat mendapatkan kemudahan layanan kesehatan,” ucap Agustyarsyah.

Upaya selanjutnya yang akan ditempuh Pemkab Tegal untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas layanan kesehatan semesta adalah menyiapkan dukungan anggaran.

Kategori :