Fakta Utang Pinjol di Balik Popularitasnya di Kalangan Gen Z, Berkah atau Bencana?

Selasa 13-08-2024,19:15 WIB
Reporter : Raihanaisya Jasmine Pangestika
Editor : Teguh Mujiarto

4. Bagaimana Gen Z Bisa Terhindar dari Bencana Pinjol?

Meskipun pinjol bisa menjadi solusi dalam keadaan darurat, Gen Z perlu lebih bijaksana dalam penggunaannya. Berikut beberapa langkah yang bisa diambil untuk menghindari bencana finansial akibat pinjol:

Mempelajari Syarat dan Ketentuan : Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, termasuk bunga dan denda keterlambatan.

Meminjam Sesuai Kemampuan : Jangan meminjam lebih dari kemampuan untuk membayar. Pertimbangkan dengan matang apakah pinjaman tersebut benar-benar diperlukan.

Menghindari Pinjol Ilegal : Gunakan hanya layanan pinjol yang terdaftar dan diawasi oleh OJK untuk menghindari risiko penyalahgunaan data dan praktik penagihan yang tidak etis.

BACA JUGA: Pinjol Tanpa KTP Tidak Sebar Data Pribadi? Bisa Jadi, Tapi Harus Hati-hati Jika Ada Potensi Galbay

BACA JUGA: Banyak Gen Z Terjerat Lingkaran Pinjol, Ternyata Ini Penyebabnya

Mengelola Keuangan dengan Bijak : Prioritaskan pengeluaran yang penting dan mulailah menyusun anggaran bulanan untuk menghindari kebutuhan mendesak akan pinjaman.

Penting bagi Gen Z untuk meningkatkan literasi keuangan dan memahami risiko yang terkait dengan pinjol agar tidak terjebak dalam lingkaran utang yang berpotensi merusak masa depan mereka. Demikian ulasan Kmi, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan masukan. 

Kategori :