Sekda Minta OPD Terkait Dukung Implementasi ILP di Tegal

Minggu 28-07-2024,19:06 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mendukung pelaksanakan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di Kota Tegal. Pasalnya, program tersebut saat ini sudah dilaksanakan dan masuk tahapan eksekusi.

Itu, disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono membuka acara Kick Off Pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer belum lama ini. Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu hotel itu, dilaksanakan Dinas Kesehatan setempat.

“Saya mengimbau kepada seluruh OPD dan yang terlibat mulai dari dinas terkait, mulai dari Kecamatan, kelurahan, PKK dan sebagainya. Untuk memberikan dukungan dalam pelaksanaan integrasi layanan primer di Kota Tegal,” katanya.

Menurut Agus, kebijakan Pemerintah Republik Indonesia terkait dengan kesehatan sudah dilaksanakan dan memasuki berbagai tahap eksekusi. Setidaknya ada enam transformasi kesehatan yang salah satunya adalah transformasi layanan primer.

BACA JUGA: Launching ILP, Dinkes Kabupaten Tegal Uji Coba Penerapannya di Tiga Puskesmas

BACA JUGA: Program Jaminan Kesehatan Nasional Ada untuk Tingkatkan Akses Layanan Kesehatan Masyarakat

"Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer merupakan upaya untuk menata dan mengoordinasikan bebagai pelayanan kesehatan primer. Dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga dan masyarakat," ujarnya.

Dengan Kick off ini, kata Agus, pihaknya berharap dapat menselaraskan program pembangunan kesehatan di Kota Tegal. Dengan visi misi pembangunan kesehatan di Indonesia.

Agus menyebut, dengan 8 puskesmas, 19 puskesmas pembantu, 208 posyandu, 45 posbindu, 192 posyandu lansia dan 1.800 lebih kader kesehatan akan mampu bahu membahu dalam mewujudkannya. Selain itu, untuk mempersiapkan implementasi ILP akan ada banyak kegiatan yang dilakukan.

"Seperti kesiapan sumber daya manusia, sarana prasarana. Serta kebijakan integrasi layanan primer yang akan dilaksanakan," terangnya.

BACA JUGA: Layanan Kesehatan Dinkes Brebes di Evaluasi Diryankes Primer Kemenkes

BACA JUGA: 32 Fasilitas Layanan Kesehatan di Brebes Melayani Rujukan Pengobatan Penderita HIV AIDS

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tegal, Zaenal Abidin dalam laporannya menyampaikan, tujuan kick off untuk pemantapan pelaksanakan ILP. Serta mensosialisasikan pelaksanaan integrasi pelayanan kesehatan primer kepada institusi dan masyarakat.

Kategori :