Ponpes Tahfidh Yanbu'ul Quran 5 Bumiharja Tegal Terbakar, 3 Santri Dikabarkan Terluka

Minggu 21-07-2024,11:39 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Khikmah Wati

Sementara, data dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, peristiwa kebakaran itu mengakibatkan 3 orang santri mengalami luka-luka.

"Korban jiwa nihil, korban hanya luka bakar, satu orang dirujuk ke RS Mitra Siaga Tarub," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto.

BACA JUGA: Insiden Petugas Damkar yang Kunduran Truk Pemadam saat Pemadaman Kebakaran Pasar Loak Tegal Diselidiki

BACA JUGA: Pasca Kebakaran Pasar Alun-alun Kota Tegal, Pj Walkot Dadang Minta Instalasi Kelistrikan Diperhatikan

Menurutnya, data yang berhasil dihimpun oleh PMI, terdapat 7 ruang asrama Ponpes Tahfidh Yanbu'ul Quran 5 yang mengalami kerusakan. Sedangkan untuk kerugian, masih pendataan.

Semula, petugas Posko PMI menerima laporan dari BPBD terkait adanya ponpes yang mengalami kebakaran dan ada santri yang terjebak dalam ruangan.  Tim Satgana PMI langsung menuju ke TKP dan melakukan penyisiran serta pemadaman bersama tim gabungan.

"Tim langsung melakukan asesment di lokasi," ucapnya.

Posko BPBD Kabupaten Tegal juga melaporkan hal yang sama. Terdapat 7 ruang asrama  Ponpes Tahfidh Yanbu'ul Quran 5  yang mengalami rusak berat. 

BACA JUGA: Saat Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Lakukan 4 Langkah Awal Ini untuk Meminimalisasi Kerugian

BACA JUGA: Dua Kebakaran Terburuk di Kota Tegal, 6 Orang Tewas dan 63 Kapal Nelayan Hangus

Termasuk 3 santri juga mengalami luka-luka. Beberapa santriwati yang mengalami sesak nafas juga langsung mendapat perawatan pemberian oksigen di lokasi.

"Semua warga ponpes, baik santri maupun pengasuh dalam keadaan selamat," kata Kepala BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah melalui laporannya.

Dalam informasi yang disampaikan melalui pesan pendek, pihak pondok menyebut jika saat insiden terjadi, sedang ada kegiatan di Aula Asrama  Ponpes Tahfidh Yanbu'ul Quran 5.

"Kami klarifikasi memang betul adanya kejadian kebakaran di salah satu kamar santriyah tadi malam tepat pukul 22.55 WIB.  Alhamdulillah keadaan para santriyah dalam keadaan sehat dan selamat karena pada saat kejadian tersebut sedang ada kegiatan launching Al-Yaqut di Aula Asrama," isi pesan tersebut. 

Kategori :