Pesona Keindahan Curug Sibedil Pemalang yang Menyimpan Mitos di dalamnya

Minggu 28-07-2024,17:33 WIB
Reporter : Nabila Fitri Amelia
Editor : Teguh Mujiarto

radartegal.id- Curug Sibedil yang terletak di Moga, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Curug ini memiliki pesona alam yang memukau serta memanjakan mata dengan suasana yang masih asri di kelilingi pepohonan yng digemari para wisatawan untuk menikmati keindahan alam.

Curug Sibedil memiliki ketinggian sekitar 10 meter, yang menyerupai tirai alami yang indah. Di balik itu, Curug Sibedil menyimpan mitos dan legenda yang menarik untuk ditelusuri dan beredar di masyarakat. 

Mitos dan legenda itu, masih dipercaya masyarakat sekitar hingga turun temurun. Sehingga, sampai sekarang mereka masih menjaga untuk tidak melanggar pantangan yang ada di dalamnya.

Berikut ulasan mengenai mitos yang berada di Curug Sibedil Pemalang. Simak baik-baik artikel berikut ini agar mengetahui informasi selanjutnya yang kami berikan.

BACA JUGA: Pantai Widuri Pemalang, Mengenal Mitos, Asal Usul, Hingga Sosok Penunggu Gaibnya

BACA JUGA: Mitos Curug Pengantin Tegal di Bumijawa yang Menjadi Salah Satu Wisata Viral Terbaru 2024

Mitos Batu Bedil 

Salah satu mitos yang paling terkenal adalah tentang batu bedil. Konon, di sekitar air terjun terdapat sebuah batu besar yang berbentuk seperti bedil. Dipercaya bahwa batu tersebut dulunya adalah milik seorang tokoh sakti yang bernama Ki Ageng Selo.

Suatu hari, Ki Ageng Selo sedang bertapa di Curug Sibedil ketika dia didatangi oleh sekelompok penjahat yang ingin merampas harta bendanya. Ki Ageng Selo kemudian menggunakan kesaktiannya untuk mengubah bedilnya menjadi batu dan mengalahkan para penjahat tersebut.

Mitos lain yang tak kalah menarik adalah tentang dentuman gaib.

Konon, pada malam-malam tertentu, sering terdengar suara dentuman keras yang berasal dari Curug Sibedil. Suara dentuman tersebut dipercaya berasal dari batu bedil yang mengeluarkan bunyi gaib.

Ada yang mengatakan bahwa suara dentuman tersebut merupakan pertanda akan datangnya bahaya. Sedangkan ada juga yang mengatakan bahwa suara tersebut merupakan pertanda keberuntungan.

BACA JUGA: Jomblo Wajib Kesini! Mitos Curug Cantel yang Artinya agar Tercantel 'Mendapatkan Pasangan'

BACA JUGA: Indahnya Romansa Menyelimuti Mitos Curug Penganten Banyumas, Kini Semakin Ramai Pengunjung

Jam operasional Curug Sibedil

Kategori :