PC Muslimat NU Kabupaten Tegal Raih Penghargaan Darma Karya Kencana, Pemkab Tegal Beri Apresiasi

Kamis 18-07-2024,11:52 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.id – Raih penghargaan Darma Karya Kencana, Pengurus Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tegal mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal. Apresiasi itu disampaikan secara khusus oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan nasional di bidang pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (KB). Diraih oleh Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal Umi Azizah. 

“Kami tentunya sangat mengapresiasi prestasi yang diraih Muslimat NU Kabupaten Tegal. Inilah wujud nyata kolaborasi yang berhasil antara pemda dengan organisasi kemasyarakatan yang patut dicontoh dan dipertahankan,” ujar Amir saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 17 Juli 2024.

Menurutnya, sebagai mitra membangun, Muslimat NU Kabupaten Tegal telah lama berperan aktif membantu pemda menyelesaikan sejumlah persoalan di masyarakat. Seperti kontribusinya dalam mempercepat penurunan stunting melalui kegiatan sosialisasi.

BACA JUGA: Haji Ischak Maulana Kunjungi Belasan Kader Muslimat NU yang Kecelakaan di Suradadi Tegal

BACA JUGA: Gesit Muslimat NU Kabupaten Tegal Libatkan Diri dalam Mengelola Air Bersih

Kemudian pendampingan balita stunting dengan pola ibu asuh, sosialisasi pencegahan perkawinan anak di bawah umur dan tentunya yang sudah berjalan sekian lama yakni mengawal suksesnya program KB di Kabupaten Tegal.

Sebelumnya, Ketua PC Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tegal Umi Azizah menerima penghargaan Anugerah Dharma Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024 di Kota Semarang, Jumat, 28 Juni 2024.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan pada Malam Penganugerahan Tanda Penghargaan dan Gala Dinner Bidang Bangga Kencana, dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024 yang digelar di Gedung Merapi PRPP Tawangsari. Penghargaan ini khusus diberikan kepada individu, kelompok, atau organisasi yang berkontribusi luar biasa dalam mendorong keberhasilan pelaksanaan program KB.

Umi yang sebelumnya menjabat Bupati Tegal periode 2019-2024 menyampaikan jika penghargaan tersebut merupakan buah dari hasil kerja kolaboratif organisasi Muslimat NU dengan Pemkab Tegal dalam mendorong keberhasilan program KB dan keberlangsungannya di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Kemitraan dengan Australia, Program Air Bersih Dihibahkan ke Muslimat NU dan Difabel Slawi

BACA JUGA: Gandeng Muslimat NU, Target Capai Akseptor KB Kabupaten Tegal Tertinggi se Jawa Tengah

Sebagai bagian dari elemen masyarakat dan aktif berkecimpung di dunia pemberdayaan perempuan, PC Muslimat NU Kabupaten Tegal terus bergerak meningkatkan derajat kesehatan dan keselamatan ibu dan anak untuk mencapai kemaslahatan keluarga dengan muaranya kesejahteraan umat.

Umi mengungkapkan, kemitraannya dengan BKKBN sudah terjalin sejak lama, bahkan sebelum dirinya menjabat sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal. Kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Pimpinan Pusat Muslimat NU dengan BKKBN untuk mensukseskan program KB di Indonesia.

Kategori :