Asal Usul Terjadinya Curug Putri Brebes, Terdapat 3 Versi Cerita Berbeda

Rabu 17-07-2024,15:08 WIB
Reporter : Abdul Fikri Faqih
Editor : Khikmah Wati

BREBES, radartegal. id – Berada di antara perbatasan Tegal dan Brebes, Jawa Tengah, Curug Putri Brebes menjadi salah satu destinasi wisata yang menyimpan misteri.

Di kalangan masyarakat, banyak tersebar kisah misterius tentang kerajaan gaib yang pernah ada di sana.  Bagi para pecinta alam, Curug Putri Brebes pasti masuk dalam daftar air terjun yang wajib dikunjungi.

Air terjun yang tingginya kurang lebih 20-25 meter ini terletak antara Desa Dukuh Benda Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dan Desa Padanama di Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Koonon, ada 3 cerita berbeda yang mengisahkan asal usul Curug Putri Brebes.

Penasaran dengan kisahnya? Simak tulisan ini sampai akhir untuk mengetahuinya. Karena di sini akan ada ulasan mengenai Curug Putri Brebes.

BACA JUGA: Misteri dan Mitos Dibalik Indahnya Curug Pengantin Tegal

BACA JUGA: Keindahan Alam Curug Putri, dalam Pesonanya Ternyata Menyimpan Mitos

Jalur masuk Curug Putri Brebes

Untuk menuju ke Curug Putri Brebes, terdapat dua jalur yang dapat dilalui. Jalur pertama pertama kita akan melewati Desa Benda di Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.

Setelah sampai di pertigaan Kalisalak yang dilalui kendaraan jalur Tegal-Purwokerto, dilanjutkan perjalanan hingga sampai di Desa Mendala lalu Dukuh Padanama.

Untuk jalur kedua dari Purwokerto-Tegal turun di pertigaan Kaligadung. Kemudian dalam waktu 30 menit berkendara, Anda akan sampai di pertigaan Sirampong dan terus ke utara hingga bertemu Dukuh Padanama.

Di balik keindahan panorama dan gemericik airnya, Curug Putri Brebes menyembunyikan rahasia. Mulai dari asal usulnya hingga makhluk halus penjaga curugnya. 

BACA JUGA: Mitos Curug Cipendok Banyumas Jawa Tengah, Konon Dihuni Makhluk Halus Berwujud Peri

 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Wisata Curug Tegal yang Asri dan Eksotis Banget, Pecinta Alam Wajib Tahu

Mitos asal usul ini disimpan dengan baik dalam ingatan masyarakat setempat dan diwariskan secara lisan dari generasi ke generasi. Terdapat tiga cerita mengenai awal mulai Curug Putri Brebes ini.

Kategori :