Jembatan Gantung di Tengah Hutan Pinus Kabupaten Tegal Selesai Dibangun, Warga Tak Lagi Terisolir

Jumat 12-07-2024,16:24 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Khikmah Wati

JATINEGARA, radartegal.id - Jembatan gantung di tengah hutan pinus Kabupaten Tegal akhirnya selesai dibangun. Adanya sarana ini, warga Pedukuhan Karangsari Desa Wotgalih Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal tidak lagi terisolir.

Mereka mengaku sangat bersyukur karena TNI bersama Pemkab Tegal telah membangunkan jembatan gantung di tengah hutan pinus Kabupaten Tegal yang ada di pedukuhan tersebut.

"Biasanya warga di Karangsari kalau mau berobat atau periksa ke puskesmas harus jalan kaki dulu. Melewati hutan dan menyeberangi sungai yang jaraknya sekitar tiga kilometer," kata Tokoh Masyarakat Dukuh Karangsari, Kasmari, 52 tahun.

Bagi warga Karangsari, jembatan gantung di tengah hutan pinus Kabupaten Tegal itu sangat bermanfaat. Karena sebelum ada jembatan, warga di pedukuhan tersebut seperti terisolir.

BACA JUGA: Bangun Jembatan Gantung Desa Banjaragung Kabupaten Tegal, TNI Bersinergi dengan Polri

BACA JUGA: Dianggarkan Rp2,5 Miliar, Pembangunan Jembatan Gantung di Banjaragung Kabupaten Tegal Mulai Dikerjakan

Meski ada akses jalan menuju pelayanan publik tetapi warga harus berjalan kaki menembus hutan dan menyeberangi sungai besar. Hal itu disampaikannya usai jembatan gantung di tengah hutan pinus Kabupaten Tegal diresmikan oleh Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, Jumat, 12 Juli 2024.

Seremoni peresmian dengan menekan tombol sirine itu, Pangdam didampingi Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman bersama Pj Bupati Tegal Agustyarsyah dan sejumlah pejabat tinggi TNI Polri lainnya.

Pj Bupati Tegal Agustyarsyah mengatakan, Desa Wotgalih ini, sebuah desa yang paling luas wilayahnya di Kecamatan Jatinegara. Jumlah penduduknya mencapai 4.014 jiwa atau 1.433 kepala keluarga yang mayoritas bekerja sebagai petani. 

Desa ini letaknya paling jauh dari pusat pemerintahan kabupaten di Kota Slawi atau sekitar 30 kilometer. Selain jaraknya lumayan jauh, prasarana jalannya juga terbatas.

BACA JUGA: DPU Apresiasi Pembuatan Jembatan Gantung di Brebes

BACA JUGA: Jembatan Gantung Perbatasan Tegal-Pemalang Memprihatinkan, Kades Banjaragung Minta Segera Diperbaiki

"Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran TNI Kodam IV/Diponegoro khususnya Kodim 0712/Tegal yang telah bekerja sama dengan Pemkab Tegal menginisasi pembangunan jembatan gantung ini melalui program Karya Bhakti TNI Perdesaan sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat dan pemerintah daerah," ujarnya.

Dirinya tak menampik, tanpa bantuan dari TNI dan para donatur, pembangunan jembatan gantung di tengah hutan pinus Kabupaten Tegal ini tak akan terwujud. Hal itu karena anggaran yang digunakan cukup besar.

Kategori :