Dongkrak Wisata di Brebes, Pemkab Gelar Lomba Vlog Cagar Budaya

Selasa 09-07-2024,14:08 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Khikmah Wati

BREBES, radartegal.id - Guna mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Brebes, Pemkab Brebes melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  (Dinbudpar) menggelar Lomba Vlog Cagar Budaya, Selasa 9 Juli 2024. Kegiatan tersebut digelar di Rumah Besaran PG Djatibarang.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Eko Supriyanto mengatakan, potensi wisata di Kabupten Brebwa cukup banyak. Mulai dari wisata pantai, alam dan lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

 

Karenanya, untuk mendongkrak potensi wisata di Brebes berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Brebes. Melalui Dinbudpar Brebes, pemerintah daerah terus meakukan gebrakan. Terbaru, menggelar lomba vlog cagar budaya.

 

 

Dalam hal ini, berbagai kegiatan dilakukan sebelum pelaksaan kegiatan ini. Seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah Cagar Budaya Brebes dan Lawatan Sekarah Cagar Budaya Brebes. 

 

BACA JUGA: 4 Pilihan Hp Oppo dengan Kamera Professional untuk Vlogger atau Konten Kreator

 

BACA JUGA: Pilihan Teratas 5 HP untuk Membuat Konten, Tingkatkan Produktivitas bagi Vlogger dan Content Creator

 

"Kegiatan uji dalam rangka melaksanakan mandat UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan," ujarnya.

 

Eko menyebutkan, bahwa manfaat yang diharapkan dengan adanya rangkaian kegiatan ini adalah meningkatnya daya kenal generasi muda terhadap keberagaman dan nilai yang terkandung dalam Cagar Budaya Brebes.

 

"Seain itu diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan menumbuhkan rasa melu handarbeni dan melu hangrungkebi. Selain itu, kesadaran bagi generasi muda agar ikut merasa memiliki dan peduli menjaga dan merawat keberadaan cagar budaya sebagai bagian dari masyarakat pengampu kebudayaan terhadap pelestarian Cagar Budaya," ucapnya.

 

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dinbudpar Brebes Wijanarko melaporkan bahwa lomba Vlog Cagar Budaya kali ini diikuti oleh puluhan peserta. Total ada 10 nominator terbaik yang bwrlaga di final hari ini. 

 

Berikut 10 nominator terbaik antara lain Adnan Arisandi (Cirebon), Rafiq Aji Prayogo (Bumiayu), Didin Misbahudin (Banjarharjo), Ahmad Marsel (Sirampog), Salma & Salkha (SMK 2 Songgom), M. Fariz (Tonjong), Santika (SMK Cakranenggala), Ade Imanudin Soleh (Bumiayu), M. Jufron (Jatibarang) dan Adi Nur Asfiani (Paguyangan).

 

BACA JUGA: Minim Sarana PJU, Jalan Alternatif di Bantarkawung Brebes Rawan Kecelakaan di Malam Hari

 

BACA JUGA: Warga Desa Pamulihan Brebes Protes Proyek Air Bersih Rp925 Juta, Ternyata Ini Sebabnya

 

Dalam kegiatan tersebut, buukan hanya hasil diharapkan dari kegiatan ini, tetapi lebih besar lagi. Yakni, dampak dalam upaya mendongkrak pengembangan budaya dan pariwisata Kabupaten Brebes guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

 

"Kita harapkan ke depan lewat kegiatan ini dapat meningkatkan gairah pariwisata di Brebes," tukasnya.

Kategori :