Deviasi Plus 26 Persen, Realisasi Proyek Jalan Tuwel-Guci Kabupaten Tegal Lampaui Target

Senin 08-07-2024,14:26 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Khikmah Wati

BOJONG, radartegal.id- Mengalami deviasi plus 26,98 persen, realisasi proyek jalan di ruas Tuwel-Guci Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal sudah melampaui target. Rencana komulatif pekerjaan itu sebenarnya 42,51 persen pada awal Juli 2024. 

Namun pelaksanaannya melebihi dari target. Untuk realisasinya mencapai 69,49 persen. 

Dengan begitu, pekerjaan mengalami deviasi plus.

"Proyek berlangsung lancar, deviasi plus mencapai 26,98 persen," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal, Teguh Dwijanto Rahardjo melalui Kabid Jalan dan Jembatan Sudarso, Senin, 8 Juli 2024.

BACA JUGA: DPU Brebes Bangun 12 Titik Infrastruktur Instalasi Air Bersih, Sumber Dana DAK APBN

BACA JUGA: Anggaran Perbaikan Jalan Rusak di Brebes Rp159 Miliar, DPU Gunakan Skala Prioritas

Dia menjelaskan, nama paket pekerjaan itu yakni Pemeliharaan Berkala Jalan Tuwel - Guci. Pekerjaan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Jalan. 

Adapun nilai kontraknya sebesar Rp 6.716.832.318. Proyek itu dikerjakan oleh pemenang tender CV Cahaya Tiga Dara. Proyek dikerjakan sejak 27 Maret hingga 23 Agustus 2024.

"Proyek jalan ini panjangnya mencapai 5,3 kilometer," kata Sudarso.

Dia merinci, ruas itu dimulai dari pertigaan Tuwel atau titik awal STA (stasiun) 0+000 sampai 4.700 dilakukan dengan Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Untuk ketebalannya 4 sentimeter dan lebar jalan 5 meter.

BACA JUGA: DPUPR Kabupaten Tegal Dinilai Gercep Perbaiki Sejumlah Jalan Rusak, Komisi III DPRD Pesan Begini

BACA JUGA: Berbahaya! Jembatan Kalierang Cilongok Tegal Berlubang, Begini Respon DPUPR

"Kalau ada yang aus diberi Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC), dengan mempertimbangkan konstruksi jalan yang telah rusak dan banyak berlubang atau mengelupas," kata Sudarso menjelaskan.

Kategori :