5 Solusi Galbay Pinjol Ilegal 2024, Cara Aman Agar Tidak Didatangi Debt Collector

Minggu 16-06-2024,12:21 WIB
Reporter : Yanuar Eko Bahari
Editor : Khikmah Wati

BACA JUGA: 8 Cara Atasi Penagihan Hutang Pinjol yang Agresif, Meski Galbay Tidak Perlu Panik Kok

3. Melakukan Restrukturisasi Pinjaman

Anda bisa meminta waktu kepada pinjol ilegal saat galbay terjadi untuk memberikan keringanan, berupa jangka waktu yang diperpanjang, memberi diskon cicilan, atau memberi potongan kredit dalam satu kali bayar.

4. Laporkan ke OJK

Jika Anda tidak puas dengan respon atau penyelesaian yang ditawarkan oleh pihak pinjol, Anda memiliki hak untuk melaporkan masalah tersebut kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

5. Melakukan negosiasi untuk mengurangi bunga dan denda

Lakukan pendekatan diplomatis dengan bernegosiasi kepada pinjol ilegal untuk mengurangi jumlah bunga dan denda yang diberikan.

BACA JUGA: Tenang! Ini 8 Cara Mengatasi DC Pinjol yang Mengintimidasi, Ketahui Hak-hak Anda Agar Tak Bisa Ditekan

BACA JUGA: Gegara Memakai Pinjol Akan Susah Cari Kerja, Loh! Ini Penjelasannya

Risiko galbay pinjol

1. Mendapat intimidasi dari debt collector

Bagaimana jika galbay di pinjol ilegal? Jika galbay, singkatan dari gagal bayar terjadi, maka debt collector akan menagih utang dengan cara yang agresif, meneror dengan berbagai ancaman. Penagihan yang seperti ini terjadi, karena mereka tidak diawasi langsung oleh AFPI.

2. Informasi pribadi terancam tersebar

Selain diteror dengan sangat agresif oleh debt collector, risiko galbay di pinjol illegal adalah, data pribadi Anda bisa saja disalahgunakan.  Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati, saat memilih jasa pinjol.

Pinjol ilegal biasanya memang akan meminta data pribadi secara berlebihan. Salah satu tujuannya adalah untuk menyalahgunakan data-data pribadi tersebut.

Kategori :