Masih Kental dengan Hal-hal Mistis dan Masa Depan, Ini 7 Pantangan Orang Sunda yang Masih Dipercaya

Sabtu 15-06-2024,20:40 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Teguh Mujiarto

3. Duduk di Depan Pintu

Pantangan ini disebutkan dapat menyebabkan kesulitan dalam menemukan jodoh, padahal pantangan ini hanya bertujuan untuk mencegah anak-anak menghalangi akses keluar masuk rumah.

4. Bersiul pada Malam Hari

Bersiul pada malam hari merupakan pantangan orang Sunda yang cukup populer. Pasalnya pantangan ini berkaitan dengan makhluk halus atau biasa dikenal dengan hantu.

Disebutkan jika ada orang yang bersiul pada malam hari dapat mengundang kehadiran makhluk halus yakni hantu. Padahal pantangan ini hanya bertujuan untuk melarang orang bersiul pada malam hari karena dianggap tidak sopan.

5. Tidak Mengubur Kucing Hitam yang Tertabrak

Kucing hitam dianggap sebagai hewan keramat dan sering dikaitkan dengan iblis atau roh leluhur. Mitosnya jika ada orang yang menabrak kucing hitam harus segera dikuburkan.

BACA JUGA:6 Arti Mitos Kupu- Kupu Masuk Rumah di Malam Hari, Pertanda Akan Kedatangan Tamu?

BACA JUGA:5 Mitos Ayam Berkokok Malam Hari, Ada yang Hamil di Luar Nikah?

Karena jika dibiarkan tergeletak akan membawa kesialan bagi pelaku penabraknya.

6. Menikah dengan Orang Jawa

Ada mitos atau pantangan yang melarang pernikahan orang Sunda dengan orang Jawa. Nah pantangan ini berasal dari sejrah perang Bubat antara kerajaan Pajajaran dengan kerajaan Majapahit.

Kendati demikian, banyak orang Indonesia sekarang yang mengabaikan pantangan tersebut karena dinilai tidak apa-apa.

7. Memakai Baju Hijau di Pantai Selatan

Pantangan terakhir adalah memakai baju atau pakaian serba hijau di area Pantai Selatan. Mitosnya jika ada orang yang memakai baju hijau akan dibawa oleh Nyi Roro Kidul kedalam laut.

Pantangan ini sebenarnya berkaitan dengan korban-korban tenggelam di Pantai Selatan yang kebanyakan memakai pakaian hijau sehingga sulit untuk ditemukan oleh tim penyelamat.

Kategori :