Fakta atau Mitos Larangan Duduk Depan Pintu, Beneran Akan Sulit Mendapatkan Jodoh?

Selasa 11-06-2024,13:30 WIB
Reporter : Dewi Kusuma Putri
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.id- M itos larangan duduk depan pintu sudah terdengar secara turun temurun hingga sekarang. Mungkin sebagian orang masih mempercayai akan mitos tersebut.

 

Mitos larangan duduk depan pintu ditujukan kepada seorang perempuan. Karena pada zaman dahulu perempuan memiliki kebiasaan mencari kutu di depan pintu secara beruntun. Oleh sebab itu akan menghalangi siapapun yang akan lewat pintu tersebut.

 

Namun apakah benar mitos larangan duduk depan pintu seorang perempuan tersebut akan sulit mendapatkan jodoh? Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya yuk baca artikel ini.

 

Dikutip dari kanal YouTube Perjalanan Hidup, berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai mitos larangan duduk depan pintu. Jangan lupa baca hingga selesai supaya tidak ada kekeliruan.

BACA JUGA: 6 Mitos Kuno Gerhana Matahari di Beberapa Negara, Sampai Harus Memecahkan Barang-barang Keras?

BACA JUGA: 5 Mitos tentang Rambut yang Salah Kaprah Tapi Masih Dipercaya sampai Sekarang

Mitos larangan duduk depan pintu 

1. Sulit Mendapatkan Jodoh

 

Pastinya kalian sering mendengar kalau mitos larangan duduk depan pintu dikait-kaitkan dengan sulit mendapatkan jodoh. Namun secara logika sebagian besar orang percaya tidak ada hubungannya antara diam depan pintu dengan jodoh seseorang.

 

Namun mitos ini sangat kuat dipercaya secara turun temurun hingga sekarang.

 

2. Seret Rezeki

 

Menurut orang tua zaman dahulu percaya apabila rezeki seseorang akan seret jika berlama-lama duduk depan pintu.

 

3. Mitos Duduk Depan Pintu Bagi Orang Hamil

 

Keyakinan masyarakat terkait larangan wanita hamil duduk di depan pintu juga cukup besar dan banyak yang percaya apabila hal ini dilakukan oleh perempuan yang sedang hamil maka proses persalinan bakal mengalami kesulitan.

 

4. Mengakibatkan Sakit

 

Lalu jika seseorang bersandar di area pintu dipercaya bakal mendatangkan rasa sakit. Hal ini karena biasanya orang berlama-lama dalam keadaan duduk sehingga mungkin akan mengalami rasa pegal dan gangguan kesehatan lainnya.

BACA JUGA: Misteri dan Mitos Pantai Parangtritis, Terowongan Misterius dan Larangan Pakai Baju Hijau Disebut

BACA JUGA: 7 Manfaat Mitos Tirakat Melek Bengi yang Bisa Anda Lakukan di Rumah, Salah Satunya Ada Teman Khodam Pendamping

Mengenai mitos larangan duduk depan pintu seiring berjalannya waktu setiap orang memiliki pandangan tersendiri mengenai mitos ini. Mungkin sebagian orang masih mempercayai dan ada juga yang mulai meninggalkannya.

 

Akan tetapi mengenai mitos larangan duduk depan pintu terdapat penjelasan secara logika apa saja itu? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

 

Mitos larangan duduk depan pintu secara logika

 

1. Sulit akses keluar masuk

 

Secara logika mitos larangan duduk depan pintu ini akan menghalangi seseorang yang hendak masuk atau keluar dan tentu saja hal ini terasa sangat terganggu. Terus perihal sulit akan mendapatkan jodoh ini hanyalah sebuah alasan saja. 

 

Maksudnya adalah jangan duduk depan pintu itu menghalangi jalan keluar masuk, hanya saja kata-kata tambahan sulit mendapatkan jodoh supaya seseorang tersebut bisa menghindari untuk tidak duduk depan pintu.

BACA JUGA: 6 Mitos Memelihara Burung Kutilang Emas, Benarkah Membawa Keberuntungan dan Rezeki Bagi Pemiliknya?

BACA JUGA: Arti Mitos Bunyi Tokek, dari Suara Pertama hingga ke-15 Punya Arti yang Berbeda-beda

2. Berkaitan dengan Tamu

 

Kemudian secara logis yakni berkaitan dengan tamu yang hendak berkunjung ke rumah akan merasa tidak nyaman, kemudian bisa juga mengurungkan niatnya. Padahal bisa saja tamu tersebut hendak mengabarkan kabar baik untuk penghuni rumah tersebut.

 

Jadi mitos larangan duduk depan pintu akan seret rezeki mungkin karena adanya peluang rezeki dari situasi seperti ini.

 

3. Berkaitan dengan Kesehatan dan Kebersihan 

 

Kemudian jika ibu hamil duduk depan pintu dalam waktu lama memiliki potensi besar untuk terpapar penyakit yang berasal dari udara kotor. Salah satu contohnya seperti terkena flu dan berpotensi bagi ibu hamil terkena masuk angin sangat besar apalagi jika kondisi cuaca yang buruk.

 

Itulah dia penjelasan mengenai mitos larangan duduk depan pintu. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Kategori :