5 Risiko Pinjol Tanpa KTP yang Jarang Disadari, Terlihat Efisien tapi Bisa Berakibat Fatal

Senin 10-06-2024,14:00 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.id – Ketahui sejumlah risiko pinjol tanpa KTP yang jarang disadari oleh nasabah-nasabah pinjaman online. Meski memang terlihat mudah dan efisien, ada beberapa bahaya yang bisa terjadi ke depannya.

Risiko pinjol tanpa KTP yang jarang disadari ini seringkali mengintai pengguna terutama yang awam atau pemula. Kemudahan mendapatkan uang tanpa harus menyertakan KTP memang jadi daya tarik tambahan.

Namun di balik kemudahannya, tetap ada risiko pinjol tanpa KTP yang harus dipahami. Sebab, jika asal-asalan mengajukan pinjaman akan ada beberapa hal yang bisa berdampak pada data diri sampai ke finansial.

Pembahasan selengkapnya di bawah 5 risiko pinjol tanpa KTP yang jarang disadari. Pastikan Anda menyimaknya sampai akhir jika tidak ingin terkena risikonya.

BACA JUGA: Daftar Aplikasi Pinjol Legal Terbaru 2024, Belum Punya DC Lapangan dan Belum Masuk SLIK OJK

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Menghindari Jebakan Pinjol Ilegal yang Mudah dan Pasti Aman

5 Risiko pinjol tanpa KTP

Pinjaman online tanpa KTP memiliki banyak dampak buruk, baik untuk si debitur maupun bagi pihak lain. Berikut diantaranya risiko pinjol tanpa verifikasi identitas resmi.

1. Penipuan Identitas 

Mengajukan pinjol tanpa KTP memiliki risiko adanya penipuan identitas. Meski memang tidak mengajukan berupa foto KTP, tetap ada beberapa data diri yang harus diisi ketika mengajukan pinjaman.

Identitas Anda tersebut bisa disalahgunakan orang lain untuk mendapatkan pinjaman tanpa sepengetahuan Anda. Tentunya hal ini bisa menyebabkan masalah hukum dan keuangan serius.

2. Resiko Peminjaman yang Tidak Terkendali

Risiko pinjol tanpa KTP berikutnya yaitu bisa memicu peminjaman yang tidak terkendali. Tanpa verifikasi identitas, pinjol bisa memberikan pinjaman kepada siapa saja.

BACA JUGA: 7 Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman Walau Pakai Pinjol

Kategori :