5 Ancaman Tidak Bayar Pinjol Terlalu Lama, Segera Lunasi Hutang Sebelum Teror DC Menjadi Mimpi Buruk

Senin 10-06-2024,16:29 WIB
Reporter : Yanuar Eko Bahari
Editor : Teguh Mujiarto

Ancaman selanjutnya pelaku pinjol yang telah memenuhi syarat pada dasarnya dapat menjadi pelapor untuk menyampaikan laporan debitur kepada OJK yang mencakup informasi mengenai debitur, fasilitas penyediaan dana, agunan, penjamin, pengurus dan pemilik, dan keuangan debitur.

Jika pelaku peminjam pinjol tidak dibayarkan, maka debitur yang tercatat di SLIK OJK dengan kualitas buruk misalnya pembiayaan macet, maka nantinya akan menjadi pertimbangan LJK lain atau bank untuk memberikan pinjaman, proyek, seleksi pegawai, atau keperluan lainnya.

3. Berpotensi Melanggar Hukum

Praktik ini bisa melanggar hukum tergantung pada yurisdiksi dan peraturan yang berlaku di wilayah tersebut. Pemberi pinjaman atau badan pengatur keuangan mungkin mengejar tindakan hukum terhadap galbay.

BACA JUGA: Ancaman Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi nasabah, Ini Langkah Cepat dan Efektif Mengatasinya

BACA JUGA: 3 Ancaman Pinjol Ilegal yang Pasti Dilakukan ke Nasabah Galbay, Bikin Hidup Gak Bakal Tenang

4. Risiko Keamanan Data

Menggunakan platform atau aplikasi online untuk mengajukan pinjaman juga membawa risiko keamanan data. Jika Anda tidak bayar sekian lama maka data pribadi dan keuangan peminjam dapat menjadi target untuk kejahatan cyber, seperti pencurian identitas atau penipuan finansial.

5. Intimidasi oleh DC

Ancaman yang paling mengerikan adalah ketika mendapat intimidasi oleh DC saat melakukan prosedur penagihan dengan cara yang lebih agresif dan sering kali mengancam. 

Tujuannya untuk membuat Anda tertekan dan terdesak untuk segera membayar. Tak jarang, tata cara mereka membuat keonaran hingga mempermalukan peminjam. Banyak kasus ketika peminjam stres menanggung malu akibat perlakuan DC yang setiap hari melakukan teror.

BACA JUGA: Waspada Ancaman Pinjol Ilegal yang Incar Data Pribadi, Ini 6 Cara Menghindarinya

BACA JUGA: Bukan Omong Kosong, Ini 3 Ancaman Pinjol Ilegal yang Dilakukan pada Nasabah Galbay

Kesimpulan

Dari berbagai ancaman jika tidak bayar pinjol terlalu lama diatas bahwa hukuman tersebut tetap akan selalu ada, meskipun kalian berusaha menghindarinya. Apalagi jika tidak memberi kepastian maka teror dari ancaman tersebut akan selalu ada. 

Kategori :