5 Trik yang Harus Anda Lakukan Ketika DC Lapangan Datang ke Rumah, Saran Langsung dari Mantan DC

Minggu 09-06-2024,11:00 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Khikmah Wati

Apabila melihat peraturan OJK, proses penagihan harusnya dilakukan tanpa adanya kekerasan, intimidasi, atau penghinaan. Jika ancaman ini benar-benar terjadi kepada Anda, Anda bisa melaporkannya kepada mereka sebagai bentuk pelanggaran.

3. Jangan Membayar Hutang ke Debt Collector

Jangan pernah melakukan pembayaran tunai langsung kepada petugas DC lapangan yang datang ke rumah Anda. Perlu Anda ketahui, DC hanya bertugas untuk mengingatkan bukan untuk menerima pembayaran.

Segala pembayaran utang atau tagihan Anda terhadap pinjol, dilakukan secara transfer langsung ke rekening pinjol yang bersangkutan. Ini penting untuk diketahui agar Anda terhindar dari penipuan yang bisa saja terjadi.

4. Jangan Pernah Memberikan Uang Jaminan

Selain jangan membayar hutang pinjol melalui perantara debt collector, Anda juga tidak seharunya memberikan uang jaminan kepada mereka. Hal ini bisa saja adalah akal-akalan DC untuk mendapatkan uang tambahan.

BACA JUGA: 5 Cara Blokir Akses Pinjol agar Tidak Diganggu Lagi, Salah Satunya Bisa Pakai Aplikasi Gratis Ini

BACA JUGA: Warga Tegal Tak Usah Pusing! Ini 7 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dengan Penghasilan Rendah

Bahkan setelah Anda memberikan uang kepada mereka pun, toh utang pinjol Anda tidak akan berkurang. Maka dari itu, apabila DC meminta uang jaminan, tolak permintaan tersebut dal laporkan jika bisa.

5. Tenang dan Jangan Terintimidasi

Terakhir dan tidak lupa, Anda harus tetap tenang ketika berhadapan dengan petugas debt collector lapangan. Jangan biarkan Anda dengan mudah terintimidasi oleh ancaman debt collector yang memang menyakitkan.

Penutup

Nah jadi itulah, 5 trik yang bisa Anda lakukan ketika ada petugas DC lapangan yang datang ke rumah. Menghadapi DC memang memerlukan mental dan kesabaran yang tinggi.

Namun dengan mengetahui segala trik dan komunikasi yang bagus, proses penyelesaian hutang bisa lebih baik dan lebih cepat. Demikian semoga bermanfaat.

Kategori :