5 Risiko Gunakan Joki Pinjol untuk Lunasi Hutang, Terlihat Efisien tapi Hal-hal Ini Mengintai Debitur

Jumat 07-06-2024,11:15 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

2. Bunga dan Biaya Tambahan 

Risiko gunakan joki pinjol untuk lunasi hutang berikutnya yaitu adanya beban bunga serta biaya tambahan lainnya. Biasanya si penjoki akan membebankan biaya tambahan lagi untuk debitur yang menggunakan jasanya.

Bahkan, nilainya tergolong cukup tinggi sehingga akan makin memberatkan debitur. Anda jadi akan membayar lebih banyak dalam jangka panjang, dibanding jika Anda hanya membayar hutang pinjol itu sendiri secara langsung.

3. Ketergantungan yang Berbahaya 

Bahaya menggunakan joki galbay pinjaman online lainnya yaitu adanya ketergantungan yang buruk. Jika terlalu mengandalkan jasa ini untuk melunasi hutang, maka Anda bisa terjerat dalam siklus hutang yang tiada hentinya.

4. Risiko Identitas dan Keamanan 

Risiko gunakan joki pinjol untuk lunasi hutang selanjutnya yaitu berdampak juga pada identitas dan keamanan pribadi Anda. Sesuai yang disebutkan tadi, joki pinjol ini termasuk layanan ilegal.

BACA JUGA: Begini 4 Cara Kerja Joki Hapus Data Pinjol, Hati-hati Pakai Jasanya Bisa Dijerat Hukum

BACA JUGA: Gampang kok, Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Bunga Rendah di Sejumlah Aplikasi Pinjol

Saat Anda akan menggunakan jasanya, maka akan diminta informasi pribadi dan keuangan ke pihak ketiga. Tentu oknum ini tidak bisa dipercaya apalagi tidak mengantongi izin operasi dari pemerintah.

5. Kerugian Finansial Lebih Lanjut 

Terakhir, jika Anda tidak bisa membayar kembali pinjaman dari joki galbay, maka siap-siap menghadapi konsekuensi serius nantinya. Mulai dari penagihan agresif, penalti keterlambatan, sampai bahkan masalah hukum.

Penutup

Jika Anda memang kesulitan membayar cicilan pinjol maka ada cara alternatif bisa Anda gunakan yang tentunya lebih aman. Misalnya dengan mengajukan keringanan pembayaran kepada penyedia layanan pinjol tersebut.

Biasanya pihak pinjol bersedia memberikan keringanan, seperti mengurangi bunga, mengurangi denda, maupun perpanjang tenor. Jangan ragu juga untuk konsultasi pada lembaga keuangan tertentu untuk solusi pelunasan hutang yang tepat.

Kategori :