Mitos Lelembut Tanah Jawa, Kental dengan Keindahan Alam yang Terselimuti Beragam Cerita dan Misteri

Kamis 30-05-2024,14:00 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Khikmah Wati

Mitos mengenai makhluk halus itu juga dikaigkan dengan kehadiran Syekh Sibakir yang kala itu, ditugaskan untuk meruqyah atau menumbali Pulau Jawa dari kehadiran lelembut.

Menurut cerita, Syekh Subakir berhasil mengalahkan para makhluk ghaib melalui pertarungan di Gunung Tidar. Setelah kemenangan itulah, barulah Pulau Jawa dinyatakan aman untuk ditinggali masyarakat.

BACA JUGA: Misteri dan Mitos Jalan Pemalang Randudongkal, Jalur Gaib yang Konon Kerap Meminta Korban

BACA JUGA: Mitos Bunga Kusuma Wijaya, Salah Satunya Bisa Mendatangkan Jodoh Lho

Dalam penjelasan Cak Nun selaku tokoh kebudayaan, disebutkan bahwa setiap gunung memiliki penunggu atau kepala jin yang kuat. Ia juga mencotohkan gunung mana saja yang pernah ditinggali makhluk ghaib.

Gunung Tidar misalnya yang disebut Cak Nun memiliki penunggu Sedi. Ia juga menyebutkan Gunung Sindoro yang konon memiliki penunggu yakni Mbah Maduretno dan terakhir di Gunung Sumbing ada Joko Lelo.

Walaupun mitos lelembut Tanah Jawa ini belum bisa dipastikan keberadaan dan kebenenarannya, kehadiran makhluk halus tetap harus kita hormati. Tetap jaga sopan dan santun apabila melalui daerah-daerah yang kental dengan cerita mistis dan mitos.

Penutup

Nah jadi itulah, ulasan mengenai mitos lelembut Tanah Jawa yang diklaim memiliki banyak penunggu dari para raja lelembut. Untuk sekarang mitos ini masih menjadi perbincangan, walaupun sebagian orang hanya menganggapnya sebagai cerita fiktif belaka.

Demikian informasi pada artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

Kategori :