5 Mitos tentang Hewan Mitologi Kuda Sembrani, Sering Dianggap Mirip Pegasus dari Yunani

Rabu 29-05-2024,11:16 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

2. Kekuatan 

Mitos lainnya menyebutkan bahwa hewan mitologi ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Kuda Sembrani dipercaya bisa terbang dengan kecepatan tinggi. 

Dalam beberapa versi cerita, hewan mitologi Kuda Sembrani juga memiliki kekuatan magis atau perlindungan mistis. Jadi ia digambarkan sebagai kuda terbang dengan kekuatan khusus.

3. Pelekatan pada Pemilik 

Mitos tentang Kuda Sembrani berikutnya yaitu konon ia hanya akan patuh kepada orang dengan hati baik dan niat murni. Makhluk ini hanya memilih orang-orang tertentu untuk menjadi pemilik atau mitra mereka.

4. Perlambangan 

Legenda tentang Kuda Sembrani dikaitkan dengan simbol keberanian, kekuatan, dan kebebasan. Di beberapa cerita, Kuda Sembrani membantu pahlawan atau raja-raja dalam pertempuran melawan musuh-musuhnya.

BACA JUGA: Selain Leak, Ini 9 Makhluk Mitologi di Bali yang Punya Mitos dan Wujud Seram

BACA JUGA: Mitos Penunggu Sungai Pemali di Brebes, Kerap Minta Tumbal Setahun Sekali

5. Tidak Muncul Lagi 

Di beberapa cerita mengatakan bahwa Kuda Sembrani bisa hilang dan tidak lagi muncul di dunia manusia. Hal ini bisa jadi disebabkan perubahan zaman atau moralitas manusia yang menyebabkan makhluk mitologis pergi dari dunia manusia.

Kepercayaan lain tentang Kuda Sembrani

Mitos tentang Kuda Sembrani ini memang banyak versinya dan pasti ada beberapa di antaranya sering terdengar. Adapun kepercayaan lain soal makhluk ini, yaitu Sembrani seringkali dianggap sama dengan Pegasus di mitologi Yunani.

Meski mirip, Kuda Sembrani tidak memiliki konotasi dari mitologi Yunani. Makhluk ini lebih cocok untuk sebutan Kuda Terbang atau Kuda Mistik.

Dalam mitologi Jawa, kepercayaan tentang Kuda Sembrani ini dipercaya memiliki kemampuan terbang layaknya unicorn seperti di cerita-cerita dongeng anak. Ada juga cerita bahwa Kuda Sembrani dijadikan alat sebagai transportasi orang-orang berada seperti raja, ratu, dan senopati.

Kategori :